Kamis, 30 Januari 2014

Denyut Pasar Hongkong Jelang Imlek 2565


Aktifitas di Pasar Hongkong Kota Jambi 29-30 Januari 2014. Foto-foto Asenk Lee Saragih-HP 0812 747 7587

BERITAKU- Pasar Hongkong yang berada di Jalan Hayam Wuruk, Jelutung, Kota Jambi, persisnya di salah satu lorong yang halamannya berbatu, H-3 Imlek 2565 ramai dikunjungi warga etnis Tionghoa Jambi.

Pasar Hongkong yang merupakan pasar dengan ciri khas budaya Tionghoa itu menyediakan segala keperluan Imlek. Mulai dari tebu, nanas, minuman, parcel, jeruk dan pernak-pernik banyak ditemukan di sana.

Pasar Hongkong saat ini telah menjadi tempat bagi pertukaran lintas budaya bagi masyarakat Jambi. Disebut Pasar Hongkong karena pada awalnya pedagang dan pembelinya sebagian besar warga keturunan Tionghoa dan saat bertransaksi jual beli lebih sering menggunakan bahasa Mandarin.

Pasar yang berusia hampir 27 tahun itu kental dengan ciri khas Tionghoa dengan menyediakan berbagai keperluan bagi warga Tionghoa, terutama saat tradisi belanja yang berlangsung di pagi hari.

Barang-barang yang ada diantaranya ikan tenggiri yang menjadi bahan dasar membuat empek-empek khas Tionghoa, udang dan kepiting laut, daging babi, berbagai jenis tumbuhan obat-obatan, sawi, wortel dan lobak Tiongkok.

Seiring berjalannya waktu, Pasar Hongkong kini sudah banyak dikunjungi etnis lain seperti orang Melayu dan Batak. Namun bahasa pengantarnya masih sering menggunakan bahasa Mandarin.

Oleh sebab itu, konsumen yang bukan warga Tionghoa selain datang dengan niat berbelanja juga mereka manfaatkan guna mempelajari bahasa Mandarin. Bahkan pasar tersebut telah menjadi sarana pembauran antar budaya.

Mereka yang beraktivitas di situ berasal dari berbagai suku dan etnis yang ada di Jambi. “Di sini saya sudah terbiasa menggunakan bahasa Mandarin, terutama saat menghitung harga sayur yang saya jual,” kata Ratna Aritonang, seorang pedagang.

Pengamatan menunjukkan, suasana Pasar Hongkong jelang Imlek 2565 sungguh padat. Bahkan warga berbelanja di jalan dua jalur di depan pasar itu sungguh padat sehingga membuat kendaraan macet.

Samsudin, penjaga parkir di Pasar Hongkong tersebut mengatakan, selama dua hari belakangan pasar tersebut padat. Bahkan jalan sangat macet di saat jam-jam pagi. Sementara itu, sekolah swasta Xaverius yang merupakan yayasan etnis Tionghoa sudah diliburkan sejak 29 Januari hingga 1 Februari 2014 guna menyambut Imlek 2565. (Asenk Lee)












Aktifitas di Pasar Hongkong Kota Jambi 29-30 Januari 2014. Foto-foto Asenk Lee Saragih-HP 0812 747 7587

Tidak ada komentar: