.

.
.

Friday, 13 September 2013

Wagub Jambi Terima Penghargaan WTP dari Wakil Presiden

Jambi, Bute Ekspres

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar menerima penghargaan WTP dari Wakil Presiden Republik Indonesia, H.Boediono. Penghargaan itu diterima oleh Wagub dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2013, bertempat di Ball Room Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Senen Raya, Jakarta, Kamis (12/9).

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang diperoleh Pemerintah Provinsi Jambi atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih oleh Pemerintah Provinsi Jambi dalam laporan keuangan tahun 2012 yang lalu.

Tema Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) RI tersebut adalah "Membangun Sinergi Menuju WTP."

Dalam arahan singkatnya, Wapres menyatakan, pelaporan keuangan harus ditingkatkan kualitasnya secara berkesinambungan.

Wapres mengemukakan, dirinya tidak memberikan instruksi teknis, namun menekankan, untuk perbaikan sistem, dirinya menarik kesimpulan umum bahwa perbaikan itu hanya bisa terjadi kalau terjadi perbaikan manusianya.

“Ini memang bukan sesuatu yang baru, tapi kesimpulan saya menukik pada perbaikan manusia ini. Dan, perbaikan manusia menukik pada satu hal, yaitu kepemimpinan (leadership), apapun sasarannya,”katanya.

Selanjutnya, Wapres menegaskan, leadership yang paling efektif adalah leadership by example (kepemimpinan yang memberikan keteladanan. "Saya sangat mengharapkan, Anda sekalian menjadi pemimpin yang efektif dari pasukan atau anak buah Anda sendiri," ujar Wapres.

Bahkan, Wapres juga mengajak seluruh peserta Rekernas dan seluruh undangan untuk menyaksikan bersama tayangan singkat tentang leadership, yakni pernyataan seorang CEO dari Amerika Serikat tentang pentingnya leadership (kepemimpinan).

Menteri Keuangan RI, Chatib Basri, dalam laporannya menitikberatkan agar seluruh instansi pemerintahan memberlakukan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Chatib Basri menyatakan, dalam acara ini diberikan penghargaan WTP kepada 69 Kementerian/ Lembaga dan 116 Pemerintah Daerah.

Wagub Jambi, H.Fachrori Umar, menyatakan “kita bersyukur kepada Allah SWT, kita telah mendapat WTP pada tahun 2012, kemudian kita juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pegawai Pemerintah Provinsi Jambi. Kita juga berharap, apa yang dipesankan oleh Bapak Wakil Presiden RI bahwa kita harus lebih meningkatkan lagi predikat laporan keuangan, paling tidak mempertahankan, syukura-syukur melebihi, bisa tercapai,”katanya.

Ditekankan adalah leadership dan manajemen, artinya pemimpinlah yang akan sangat menentukan, maka kita harapkan ada kerjasama yang baik dan taat aturan serta kedisiplinan yang tinggi.

Wagub Jambi menghimbau kabupaten/kota yang sudah mendapatkan WTP untuk mempertahankan bahkan meningkatkannya dan bagi yang belum, harus berusaha mendapatnya. “Untuk mendapatkan WTP adalah dengan kerja keras, sungguh-sungguh, kompak, dan bersatu,”kata Wagub.

Turut hadir dalam acara tersebut, beberapa orang Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, para kepala daerah atau yang mewakili dari pemerintah daerah yang memperoleh penghargaan WTP, serta para undangan lainnya. srg

No comments: