Rabu, 24 April 2013

Polisi Tembak Mati Perampok 30 Suku Emas di Sungai Bahar




Jambi, Beritaku

Tim Buru Sergab (Buser) Polres Muarojambi berhasil melumpuhkan dua dari enam pelaku perampokan bersenjata api Toko Emas Sumbar di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Bahar Selatan. Satu pelaku tewas ditembak polisi karena mencoba melawan petugas saat ditangkap.

Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah, kepada wartawan, Senin (22/4/13) mengatakan, pelaku perampokan 30 suku emas di Sungai Bahar berhasil ditangkap dalam hitungan jam oleh Tim Buser Polres Muaro Jambi.

Disebutkan, pelaku ditangkap di dua tempat yang berbeda. “Yang satunya ditangkap sekitar pukul 7 malam dan satunya lagi dilumpuhkan Minggu sekitar pukul 9 malam ini,” ujarnya.

Perampok yang berhasil ditangkap adalah Murni (53), warga Desa Kluang, Sekayu, Sumatera Selatan. Satunya lagi bernama Den, satu kampung dengan Murni. Den tewas ditembak polisi karena melakukan perlawanan.

Setelah mendapat laporan ada perampokan di Sungai Bahar, pihak Polres Muarojambi langsung mengirim Tim Buser ke sana. Dibantu warga, polisi melakukan pengejaran.

“Satu pelaku yang masih hidup saat ini diinterogasi di Polsek Sungai Bahar. Polres Muarojambi berharap dari dia bisa diketahui empat pelaku lainnya. Kami juga sedang melakukan pengejaran terhadap empat pelaku lainnya tersebut,” ujarnya.

Ketika menangkap pelaku, polisi berhasil mengamankan pistol FN standar PINDAD dan senjata api rakitan mirip revolver. Selain itu, polisi juga menyita 2 magazine pistol, 34 butir peluru pistol, dan 14 butis amunisi RM.

Kawanan perampok yang terdiri 6 pelaku beraksi di Toko Emas  Sumbar yang beralamat di RT 24 Desa Tanjung Sari, Kecamatan Bahar Selatan. Komplotan perampok ini berhasil membawa kabur puluhan suku emas yang nilainya puluhan juta rupiah.

Menurut saksi mata, para perampok datang menggunakan tiga sepeda motor dan berhenti di depan Toko Emas Sumbar. Lima pelaku masuk ke dalam toko. Salah satu perampok melepas tembakan lalu mengancam istri pemilik toko. Selanjutnya mereka langsung mengambil perhiasan emas yang ada dalam etalase dan membawanya pergi.

Salah seorang warga, Yudi, hendak menghalangi para pelaku yang hendak kabur. Namun perampok menembaknya mengenai tangan kanan tembus ke punggung.

Kapolsek Sungai Bahar Iptu Deni mengatakan, begitu mendapat laporan, petugas langsung ke lokasi dan sebagian mengejar pelaku. Di lokasi kejadian ditemukan lima selongsong peluru dan satu lagi selongsong ditemukan di simpang unit 20. (rosenman saragih)


Tidak ada komentar: