Kamis, 28 Maret 2013

HBA Dulu Hobi Mencari Ikan di Sungai Batanghari

Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) Meresmikan Pemancingan Ikan “HASRI”, bertempat di RT 13 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi, Sabtu pagi (23/3). Dalam peresmian tersebut, gubernur menghimbau agar para pensiunan, baik pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pensiunan karyawan swasta berusaha untuk mengembangkan wira usaha.

Gubernur mengungkapkan, melihat kolam pemancingan ikan tersebut, dirinya seakan bernostalgia, karena pada masa mudanya, gubernur sering mencari ikan.
Gubernur mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh pemilik kolam pemancingan ikan (Thoha), sebagai upaya mengisi masa pensiun dengan wira usaha, hal yang berguna dan produktif secara ekonomi.

Selain itu, gubernur juga menghimbau masyarakat supaya jeli dan peka melihat dan menangkap peluang untuk mengembangkan wira usaha, sebagai salah satu sektor yang sangat penting dalam perekonomian negara.

Gubernur berharap hasil pemancingan ikan tersebut benar-benar menguntungkan.
Selanjutnya, gubernur memancing ikan didampingi oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Effendi Hatta.

Kepada para wartawan yang mewawancarainya, gubenur mengaku senang dengan adanya inisiatif dari pensiunan untuk membuka usaha kreatif seperti membuat usaha kolam pemancingan itu. Gubernur kembali menghimbau para pensiunan untuk berupaya mengembangkan usaha-usaha kreatif. Selain itu, gubernur juga menghimbau para pensiunan untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, seperti pengajian mesjid.
Gubernur menekankan, hal yang paling penting bagi para pensiunan adalah kesiapan mental dalam menghadapi masa pensiun.
Gubernur berharap, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi yang mencapai 8,3% bisa dimanfaatkan masyarakat luas dengan lebih jeli lagi memanfaatkan peluang-peluang usaha.
“Pertumbuhan ekonomi kita cukup bagus, tinggal lagi sekarang jiwa wira usaha itu yang harus kita ciptakan. Ini peluang. Sekarang kita bisa lihat, orang-orang yang datang ke Jambi pada buka usaha. Nah, peluang ini yang oleh pemerintah harus dicoba dikembangkan, diantaranya dengan mengadakan kursus. Itu sebabnya ada BLK (Balai Latihan Kerja), dalam rangka pengembangan wira usaha. Kemuadian, ada juga kursus dengan menggunakan dana Samisake, di setiap kecamatan kita latih mereka untuk berwira usaha. Itulah yang harus digerakkan oleh pemerintah dan pemerintah mendorong masyarakat untuk menggunakan kesempatan itu mungkin melalui peminjaman dana KUR yang ada di bank,” jelas gubernur.

Sebelumnya, pemilik kolam pemancingan ikan, Thoha, dalam sambutannya menyatakan, upaya ini digelutinya untuk mengisi masa pensiun dengan kegiatan wirausaha yang relatif santai namun bermanfaat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jambi, Drs. Amir Sakib; Kepala Biro Ekonomi Pembangunan dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jambi, Henrizal, S.Pt, serta para undangan lainnya. (Humas Provinsi Jambi-Mustar Hutapea).

Tidak ada komentar: