.

.
.

Monday, 12 November 2012

Anggota Dewan Minta Jatah Rp 1 Miliar Bentuk Proyek dan Rp 750 Juta Dana Aspirasi

Jambi, BATAKPOS

Anggota DPRD Provinsi Jambi meminta “jatah” Rp 1 miliar dalam bentuk proyek guna menggolkan APBD Provinsi Jambi 2013. Sementara Anggota DPRD Kota Jambi juga meminta jatah dana aspirasi Rp 750 juta per anggota pada APBD Kota Jambi 2013.

Kabar “jatah” Rp 1 miliar itu kini merebak di kalangan dewan dan media di Provinsi Jambi . Proyek Rp 1 miliar itu sebagai dana aspirasi yang nilainya mencapai satu miliar dalam bentuk proyek yang dititipkan di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi serta Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Alokasi APBD Provinsi Jambi 2013 untuk Dinas PU Provinsi Jambi lebih dari Rp 500 miliar.    

“Kalau keinginan itu memang ada. Dewan yang minta satu miliar per anggota dewan. Tapi masih belum putus, masih ada tawar-menawarlah istilahnya,”kata sumber BATAKPOS, Jumat (9/11).

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Alam Sukisman, mengaku belum pernah mendengar soal adanya dewan yang minta jatah proyek yang berkedok dana aspirasi itu. Apalagi nilainya mencapai satu miliar per anggota dewan. “Kalau bagi-bagi jatah proyek satu miliar itu saya belum dengar sampai hari ini,”katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jambi, Yasir dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan, semua pihak harus memiliki pemahaman yang benar terkait dana aspirasi. Menurutnya, aspirasi merupakan program yang harus diperjuangkan, karena merupakan suara dari bawah.

Disebutkan, sampai tegang urat leher pun harus diperjuangkan, namun pemahaman sering disalahartikan. Anggota dewan tidak bisa mengkapling-kapling bagian per orang seperti yang dipahami saat ini.

Program-program berkedok aspirasi itu misalnya, usulan pembuatan jalan lingkungan, perbaikan sekolah dan fasilitas lainnya. Termasuk usulan bupati, harus diperjuangkan. Terkait dana aspirasi Rp 1 miliar, jika itu digunakan sesuai dengan yang direncanakan untuk konstituen, tidak masalah.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Jambi, Jefri Bintara Pardede mengatakan, di DPRD Kota Jambi ada dana aspirasi sebesar sekitar Rp 750 juta. “Kita memang mendengar adanya nilai Rp 750 juta untuk aspirasi. Kami minta saran untuk kegunaan dana tersebut. Lalu kami berikan masukan melalui fraksi,”katanya. RUK

No comments: