.

.
.

Sabtu, 06 Oktober 2012

Wagub Jambi Lepas 1.203 CJH Asal Jambi Lewat Embarkasi Padang

Wagub Jambi Serahkan Bendera Kloter kepada ketua Kloter
Jambi, BATAKPOS

Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Facrori Umar, melepas 1.203 calon jemaah haji (CJH) asal Jambi yang berangkat melalui embarkasih Padang, Kamis (04/10) di Asrama haji Tabing Padang.

Wagub dalam sambutannya menyampaikan, sebagai bagian dari jemaah calon haji Indonesia, satu hal yang perlu mendapat perhatian para jemaah, yang pertama agar tetap menjaga nama baik banagsa dan negara di mata masyarakat dunia, seperti halnya para jemaah calon haji yang datang dari seluruh dunia.

Wagub Jambi juga berharap agar para CJH senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, jaga pola makan dan minum air diperbanyak. “Lakukan ibadah-ibadah wajib terlebih dahulu, ketimbang ibadah ibadah sunnah, dan senantiasa padu dalam kelompok, jangan sampai pimpinan kelompok dibebani terlalu banyak tugas-tugas lain selama tugas utamanya,”katanya.

Wagub juga mengingatkan, bahwa kemuliaan dan kehormatan yang dimiliki manusia merupakan amanah yang amat berat, mengingat manusia juga dibekali bahwa hawa nafsu yang sulit diajak kompomi untuk melestarikannya. Nafsu ini juga sering membuat manusia tidak konsisten pada diri sendiri dan sering membuat manusia kehilangan nilai kemuliaannya.

Sebelumnya Kepala Kementerian Agama Provinsi Jambi, Drs. H. Mahbub Daryanto, MM dalam laporannya menyampaikan, bahwa secara keseluruhan jumlah CJH asal Jambi tahun 2012 sebanyak 2.558 orang, yang diterbangkan ketanah suci melalui dua embarkasih, masing-masing embarkasih Batam 1.375 orang, dan sisanya melalui embarkasih Padang.

JCH asal Jambi tahun terbagi dalam 8 kloter. Untuk embarkasi Batam terbagi dalam 4 kloter yaitu kloter 2, 3, 4 dan 22. Sementara itu untuk embarkasi Padangterbagi dalam 4 kloter yaitu kloter 12, 13, 14 dan 15.

Untuk embarkasi Batam telah diberangkatkan dari Jambi tanggal 20 September mengunakan pesawat Sriwijaya ke Batam. Lalu berangkat ke Madinah pada 21 September, begitu seterusnya. Sementara untuk embarkasi Padang mulai berankat 4 Oktober menuju Jeddah, dan saat ini telah selesai melaksanakan arbain, berada di Mekah.

CJH yang berangkat melalui embarkasih Batam masing-masing berasal dari Kota Jambi, kabupaten Batanghari, Muaro Jambi, Tanjabtimur menggunakan pesawat dari Jambi ke Batam. Sedangkan yang dari kabupaten Tanjabbarat menggunakan kapak Feri dari Kuala Tungkal ke Batam.

Sedangkan untuk CJH dari wilayah barat seperti Sarolangun, Tebo, Bungo, Merangin Kerinci dan Sungai Penuh menggunakan jalan darat dan dikoordinir Kemenag kabupaten dan Pemkab masing-masing.

Untuk tahun ini dari 2.570 Jemaah JCH yang akan berangkat berasal dari Kota Jambi yang mencapai 627 orang, dari Kabupaten Batanghari 180 orang, Tanjabbar 282 orang, Muarojambi 149 orang, Tanjabtim 137 orang, Bungo 233 orang, Merangin 333 orang, Kerinci dan Kota Sungaipenuh 327, Tebo 144 orang dan terakhir Kabupaten Sarolangun 166 orang.

Yang dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur CJH Jambi embarkasih Padang menuju Jedah dengan menggunakan pesawat Garuda Air Bus330 seri 200, pukul 12.15WIB dari Bandara Internasional Minang Kabau hari ini adalah keloter 12, masing-masing jemaah dari Kabupaten Merangin 329 orang, dan dari Kabupaten Bungo 38 orang sehingga jumlahnya 372 orang CJH, ditambah lima orang petugas haji, dari jumlah tersebut JCH keloter 12 ini 163 jemaah peria dan 209 orang wanita.

Bertindak sebagai petugas keloter Drs. H. Nasir, M.Pd dan, Drs. H. Pandaloan, M. Pdi, sebagai TPHI, dr. Elfry Sahril sebagai TKHI, Herni, BM sebagai dan Desi Eravia sebagai paramedis.

Turut hadir bersama Wakil Gubernur, anggota DPRD Provinsi Jambi dari Komisi IV Bidang Agama, masing-masing Bambang Bayu Suseno dan M. Azis Yusuf, Kepala Biro Kesramas Provisni Jambi, Kepala Kementerian Agama Provinsi Jambi, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Merangin dan Bungo, dan menyambut kedatangan Wagub dan Romobongan, Kepala Biro Kesra Sumatra Barat, Kepala Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, Bupati Merangin beserta istri dan unsur Muspida Kabupaten Merangin. RUK

Tidak ada komentar: