.

.
.

Minggu, 28 Oktober 2012

Rakerwil I Lembaga Adat Rumpun Melayu Se Sumatera

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus (HBA) membuka Rapat Kerja Wilayah I Lembaga Adat Rumpun Melayu Se Sumatera, Minggu (21/10) malam, bertempat  Rumah Dinas Gubernur Jambi. Dalam suatu organisasi rapat kerja merupakan agenda rutin yang harus dilaksanakan, rapat kerja merupakan forum yang penting dalam merumuskan program dan kegiatan.

HBA berharap melalui Rakerwil I Lembaga Adat Rumpun Melayu Se Sumatera dapat merumuskan sasaran program dan prioritasnya dalam membantu pelaksanaan pembangunan.

“Saya berharap dapat dirumuskan sasaran program dan sasaran prioritas dari Lembaga Adat Rumpun Melayu Se Sumatera dalam membangun Bumi Sumatera sesuai dengan peran dan fungsi lembaga adat dalam pembangunan,”katanya.

Gubernur Jambi menyadari pentingnya peran dan kiprah Lembaga Adat bagi pembangunan khususnya di Wilayah Sumatera yang masih memegang teguh adat istiadat sebagai dasar dan tata nilai kehidupan.

Melalui kesempatan tersebut atas nama Gubernur Se Sumatera mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Lembaga Adat Rumpun Melayu Sumatera  yang telah banyak berbuat dan bekerja termasuk memberi masukan dan saran dalam mendukung kelancaran pembangunan di Sumatera.

“Kami menyadari besarnya peran, kiprah, gerak dan langkah lembaga adat dalam membantu dan mendukung pembangunan. Dukungan masyarakat dalam pembangunan sangat penting, konflik yang terjadi diantara masyarakat menjadi penghalang dan penghambat pembangunan,”ujarnya.

Menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pemahaman akan adat dan istiadat merupakan suatu hal yang penting, setidaknya dengan pemahaman adat istiadat tersebut  masyarakat akan mengerti makna pentingnya adat istiadat sebagai perekat dan peredam dari berbagai gejolak konflik yang menjadi akar perpecahan ditengah kehidupan masyarakat.

Ketua Sekretariat Bersama Lembaga Adat Rumpun Malayu Sumatera H. Hasip Kalimuddin Syam menyampaikan masih adanya beberapa kendala yang dihadapi terkait dengan mekanisme anggaran dan bantuan pemerintah terhadap keberadaan lembaga adat di beberapa daerah di Sumatera bukan menjadi penghalang  bagi Lembaga Adat Rumpun Melayu Se Sumatera untuk terus berkiprah dan mempertahankan Adat Istiadat Melayu.

“Kejayaan Melayu Tak Hilang Di Bumi tetap tegar dalam dominasi tersebut, sehingga Temadun Melayu tetap bersaing bersinar di Bumi Melayu,”kata Hasip Kalimuddin Syam.

H. Hasip Kalimuddin Syam pada kesempatan tersebut juga menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian Pemerintah Provinsi Jambi terhadap Lembaga Adat Melayu Jambi. “Sekarang memiliki gedung yang merepresentatif, mudah mudahan dapat dikelola sendiri sebagai sumber  dukungan operasional pelaksanaan kegiatan baik dalam forum forum pertemuan maupun pelatihan, pembinaan dan  keperluan lainnya,”katanya.

Ketua Penyelenggara Rakerwil I Lembaga Adat Rumpun Melayu Se Sumatera, H. Herman Basyir menyampaikan acara berlangsung mulai 21-23 Oktober 2012, setelah pembukaan tersebut akan dilanjutkan dengan agenda persidangan di Hotel Grand mengusung tema “Dengan Rakerwil I Lembaga Adat Rumpun Melayu Se Sumatera”.

Peserta yang mengikuti Rakerwil I Lembaga Adat Rumpun Melayu Se Sumatera berjumlah 120 orang yang juga dihadiri Ketua Seknas Masyarakat Hukum Adat RI dan pengurus Lembaga Adat Melayu Rumpun Se Sumatera. RUK

Tidak ada komentar: