.

.
.

Sabtu, 13 Oktober 2012

“Kemilau Sumatera 2012” Jadi Ajang Promosi Wisata Budaya

Baliho Kemilau Sumatera 2012

Pangguang “Kemilau Sumatera 2012” di GOR Kotabaru Jambi akan menyajikan tarian daerah dari 10 Provinsi di Sumatera dan kabupaten/kota se Provinsi Jambi, Kamis (11/10).Foto Rosenman Manihuruk

Tim Tari Provinsi Bengkulu Saat GR Kamis Siang.Foto Rosenman Manihuruk

Pegawai Dinas Budpar Sumut lagi menata Stand Provinsi Sumatera Utara, Kamis (11/10).Foto Rosenman Manihuruk
Wartawan Batakpos Rosenman Manihuruk lagi berpose di pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI Angkatan Darat di GOR Kotabaru Jambi mulai dari tanggal 11 hingga 16 Oktober mendatang.
Jambi, BATAKPOS

Agenda “Kemilau Sumatera 2012” yang dipusatkan di GOR Kotabaru Jambi mulai tanggal 11 hingga 16 Oktober merupakan ajang promosi wisaya budaya dan industry kreatif. Promo obyek wisata  alam juga dipamerkan dalam bentuk gambar dan visual di berbagai stand provinsi se Sumatera.

“Kemilau Sumatera 2012” diikuti Provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Provinsi Aceh. Selain 10 provinsi itu, juga dimeriahkan pameran budaya dari kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Kegiatan “Kemilau Sumatera 2012” dibuka Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA), Kamis (11/10) malam dan dihadiri ribuan warga Provinsi Jambi dan perwakilan dari 10 provinsi se Sumatera. Pembukaan diawali dengan suguhan tarian dari 10 provinsi se Sumatera di atas panggung besar yang didesign dengan corak Candi Muarojambi.

Dalam rangka kegiatan “Kemilau Sumatera 2012”, juga diadakan pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI Angkatan Darat di GOR Kotabaru Jambi mulai dari tanggal 11 hingga 16 Oktober mendatang.

Pameran Alutsista itu juga dalam rangka HUT TNI ke-67 ( 5 Oktober 2012) untuk lebih mendekatkan TNI dengan masyarakat, berikut juga dengan Alutsistanya.

Kemudian “Kemilau Sumatera 2012” juga akan dimeriahkan Band Rock Indonesia (Jamrud) dan berbagai pameran industry kreatif dari 10 provinsi se-Sumatera dan kabupaten/kote se Provinsi Jambi.

Pengamatan BATAKPOS, Kamis (11/10) menunjukkan sejumlah Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) dari 10 provinsi dan kabupaten/kota se Provinsi Jambi tampak mempersiapkan stand pameran masing-masing.

“Kami belum rampung menata stand Pemprov Sumut ini. Tapi mala mini (Kamis malam) kami usahakan sudah selesai. Seluruh cinderamata dari kabupaten/kota se Sumatera Utara akan dipamerkan. Kami yakin masyarakat Sumatera Utara yang ada di Provinsi Jambi bisa singgah ke stand Sumut ini,”kata Jimmy Hutapea kepada BATAKPOS sembari menata stand, Kamis (11/10) siang.
Menurut Jimmy Hutapea, yang juga pegawai Disbudpar Provinsi Sumut itu, tarian dan musik Batak (Sumut) juga akan meriahkan “Kemilau Sumatera 2012”.

Sementara itu, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan, acara “Kemilau Sumatera 2012” di Jambi merupakan ajang promosi Pesona Budaya Provinsi Jambi. Pesona Budaya dan Alam Jambi itu juga disajikan dalam bentuk pameran fotografers Jambi yang selama ini telah melakukan penjelajahan sejumlah obyek wisata di Provinsi Jambi.

Kegiatan “Kemilau Sumatera 2012” juga sebagai jang silaturahmi Seniman dan Budayawan se Sumatera. “Ini adalah kegiatan penting dan harus disajikan dengan baik, agar tamu-tamu yang dating tidak kecewa. Kita harus menjadi tuan rumah yang baik dalam “Kemilau Sumatera 2012” ini,”kata HBA. RUK

Tidak ada komentar: