.

.
.

Sabtu, 06 Oktober 2012

Jalan Rusak Parah, Truk Batubara Terjungkal di Jalan Lingkar Barat Kota Jambi

Terguling : Sebuah pengendara motor melintas di sebelah truk angkutan batubara BH 8385 GU yang terguling di jalan lingkar Barat Kota Jambi tepatnya sebelum pintu masuk terminal Alam Barejo, Jumat (5/10) siang. Foto batakpos/rosenman manihuruk
Jambi, BATAKPOS

Buruknya jalan lingkar Barat Kota Jambi atau sekitar terminal Alam Barajo Simpang Rimbo, Kota Jambi, membuat dua truk batubara bermuatan penuh terbalik, Jumat (5/10). Akibat tergulingnya truk tersebut membuat kemacetan dua arah dijalur itu hingga 30 menit.

Mobil truk batubara yang terguling terjadi didepan terminal Alam Barajo Simpang Rimbo, Jumat (5/10) pagi. Kemudian satu truk BH 8385 GU juga terbalik di jalan yang sama namun sebelum pintu masuk terminal Alam Barejo, Jumat (5/10) siang.

Kemacetan panjang juga sempat terjadi akibat truk terguling tersebut. Pengamatan BATAKPOS di lokasi kejadian menunjukkan, kemacetan arus kendaraan terjadi dari dua arah, baik dari arah lampu merah Simpang Rimbo, maupun dari arah Kelurahan Bagan Pete.

Setiap kendaraan harus mengantre untuk bisa lewat disisi truk batu bara yang terguling tersebut. Kondisi jalan yang becek dan licin akibat diguyur hujan, juga membuat pengendara untuk lebih berhati-hati saat melintas disekitar lokasi kejadian.

“Setidaknya ada dua truk yang terguling di jalan ini akibat jalan rusak berlobang dan becek. Kita harapkan pengendara ekstra hati-hati karena banyak jalan berlobang dengan diameter 100cm dengan kedalaman hingga 50cm,”ujar Hendro, petugas Dishut Kota Jambi saat ikut membantu arus lalulintas yang macet.

Sementara itu, hujan deras yang mengguyur Kota Jambi sejak Kamis malam hingga Jumat pagi, ikut mempengaruhi jarak pandang. Berdasarkan data dari BMKG Provinsi Jambi, Jumat (5/10),  jarak pandang adalah 1.600 meter dengan cuaca hujan.

Bahkan pada pukul 07.00 WIB jarak pandang sempat mencapai 15.000 meter. Namun pada pukul 08.00 WIB jarak pandang kembali berkurang menjadi 1.300 meter. Pada pukul 09.00 WIB, jarak pandang kembali membaik menjadi 2.000 meter.

Meskipun hujan deras telah mengguyur Kota Jambi, namun BMKP tetap mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan.

Sementara prakiraan cuaca untuk Kota Jambi dan sekitarnya, Sabtu (6/10), dipredikasi hujan dengan intensitas ringan berpeluang terjadi pada malam hari atau dini hari. Sedangkan untuk wilayah Pantai Timur Jambi, cuaca umumnya berawan, hujan dengan intensitas ringan berpeluang terjadi pada sore atau malam hari. RUK


Tidak ada komentar: