.

.
.

Tuesday, 9 October 2012

Gubernur Jambi Serahkan 50 Unit Mobil Pelayanan Internet Kecamatan

Foto 1. Mobil bantuan 50 unit mobil pusat layanan internet kecamatan se Provinsi Jambi-yang dilengkapi jaringan internet dengan 8 unit leptop dalam satu mobil.

Foto2. Fasilitas mobil satu unit jaringan pusat layanan internet yakni  8 unit leptop dalam satu mobil dengan penggunaan 4 jam layanan internet secara gratis setiap hari.

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus dan Wakil Gubernur H Fachrori Umar didampingi Kadishub Provinsi Jambi Ir Bernhard Panjaitan MM mengamati layanan internet pada mobil pusat layanan internet kecamatan sebanyak 50 unit untuk Prov Jambi. Foto batakpos/rosenman manihuruk

Foto 4. Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus dan Wakil Gubernur H Fachrori Umar didampingi Kepala Kantor Pengelolaan data Elektronik (KPDE) Provinsi Jambi, Sultan,SE,MM mengamati layanan internet pada mobil pusat layanan internet kecamatan sebanyak 50 unit untuk Prov Jambi.

Foto 5. Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus dan Wakil Gubernur H Fachrori Umar melakukan tes stater mobil bantuan 50 unit dari Kominfo sebagai pusat layanan internet kecamatan.

Foto 6. Bantuan dua unit mobil jenis Isuzu dan Ford untuk Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi.

Foto 7. Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus dan Wakil Gubernur H Fachrori Umar melakukan tes stater mobil bantuan dua unit mobil jenis Isuzu dan Ford untuk Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi.


Foto 8. Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus didampingi Kadishub Provinsi Jambi Ir Bernhard Panjaitan MM saat usai tes starter mobil bantuan untuk Dinas Pertanian dan Kehatanan Pangan Prov Jambi. Foto R Manihuruk
Jambi, BATAKPOS

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan 50 unit mobil pusat layanan internet untuk kecamatan di Provinsi Jambi. Secara simbolis 50 unit mobil tersebut diterima oleh Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) dan Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar, Senin (8/10/12) di parkiran kantor Gubernur Jambi.

Kemudian Gubernur Jambi HBA secara simbolis langsung menyerahkan 50 unit mobil pusat pelayanan internet Kecamatan (MPLIK), kepada para Sekda yang mewakili Bupati/Walikota dalam Provinsi Jambi, bertempat di lapangan parkir Kantor Gubernur Jambi.

Gubernur menyampaikan terima kasihnya kepada Kemenkominfo RI, yang telah membantu 50 unit MPLIK bagi Kabupaten dan Kota dalam Provinsi Jambi.

“Dengan demikian maka masih ada 81 kecamatan dalam Provinsi Jambi yang belum mendapat  bantuan, karena ini diperioritaskan bagi daerah-daerah yang jauh, dan jumlah kendaraan masing-masing kecamatan disesuaikan luasan wilayahnya, sehingga tiap kabupaten tidak mendapat jumlah kendaraan yang sama,”kata HBA.

Menurut HBA, bantuan MPLIK tersebut guna mendorong masyarakat yang berada dipelosok pedesaan agar melek terhadap informasi dan teknologi. “Banyak masyarakat di daerah pedesaan masih tertinggal dengan dunia informasi termasuk internet. Biar masyarakatnya tidak gegap teknologi (gaptek),”ujarnya.

Kata HBA, untuk penambahan MPLIK sejenis, Pemprov Jambi akan pelajari berapa harga perunit. “Mungkin bisa melalui dana samisake (satu milyar satu kecamatan), yang telah kita programkan, ini sangat penting sekali dalam rangka meningkatkan sumberdaya anak-anak kita di pedesaan,”katanya.

Disebutkan, dalam operasionalnya diharapkan dapat dilakukan di sekolah-sekolah, dan di desa-desa di setiap kecamatan, ini guna memperkenalkan kepada anak-anak sekaligus mengajari anak-anak akan teknologi informasi, jangan sampai meraka tertinggal.

Sedangkan untuk biaya operasinalnya, sebagaimana disampikan oleh KPDE Setda Provinsi Jambi selama empat tahun masih ditanggung oleh Kemenkominfo, dan setiap harinya dibiaya selama empat jam.

Bantuan mobil pusat layanan internet itu diberikan melalui Kepala Kantor Pengelolaan data Elektronik (KPDE) Provinsi Jambi, Sultan,SE,MM. Selain 50 unit mobil yang dibeli dari PT Toyota Astra Internasional Jakarta itu, dua unit mobil minibus izuzu Panther turing warna hitam dan jenis Pick Up Ford warna putih juga diberikan kepada Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi.

Menurut Gubernur Jambi, 50 unit mobil internet itu diperuntukkan masing-masing Kabupaten Sarolangun 5 unit, Bungo 5 unit, Merangin 5 unit, Tebo 4 unit, Kerinci 3 unit, Kota Sungai Penuh 3 unit, Batanghari 5 unit, Kabupaten Tanjung Jabung Timur 5 unit, Kabupaten Tanjung Jabung Barat 5 unit, Kota Jambi 3 unit dan Pemprov Jambi 2 unit.

“Dengan adanya mobil pusat layanan internet ini, kita harapkan pemerintah kabupaten/kota untuk memanfaatkannya secara maksimal, khususnya daerah desa. Kemudian mobil internet ini juga harus dirawat sehingga bisa dipergunakan untuk pelajar akan menggunakan internet,”katanya.

Menurut HBA, penggunaan layanan internet ini hanya 4 jam sehari secara gratis dari Telkom. “Lewat dari 4 jam penggunaannya, Telkom akan menagih biaya pulsa pemakaian internet kepada pemerintah setempat, atau instansi penanggungjawab mobil pusat layanan internet ini,”kata HBA.

Serah terima 50 uni mobil ditambah 2 mobil peruntukan kepala dinas, dilaksanakan oleh pejabat Telkom Jambi dan perwakilan Kominfo Pusat kepada seluruh Sekda Kabupaten/kota atau mewakili disaksikan Gubernur Jambi, wakil Gubernur Jambi dan Kepala KPDE Provinsi Jambi, Sultan,SE,MM. RUK(ADV)

No comments: