.

.
.

Monday, 17 September 2012

Sebuah Sawmil di Tebo Ludes Terbakar


Kapolres Tebo, AKBP Zainuri Anwar saat meninjau langsung sawmill yang terbakar di di Desa Pelayang, Kabupaten Tebo hangus terbakar, Minggu (16/9). Foto batakpos/rosenman manihuruk




Jambi, BATAKPOS

Sebuah sawmil (pengolahan kayu) milik PT Mahoni Agra Sentosa (MAS) milik Awi yang terletak di pinggiran jalan lintas Tebo-Jambi tepatnya di Desa Pelayang, Kabupaten Tebo hangus terbakar, Minggu (16/9). Tidak ada korban jiwa dalam kerjadian ini, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 600 juta.

Kapolres Tebo, AKBP Zainuri Anwar ditempat kebakaran kepada BATAKPOS, Minggu (16/9) mengatakan, kebakaran tersebut terjadi pada pukul 15.30 WIB kemarin. Api diduga diakibatkan dari mesin diesel sawmill yang meledak saat karyawan bekerja.

Kejadian berawal ketika karyawan sawmill milik Awi itu sedang bekerja. Terlihat api keluar dari cerobong asap mesin diesel dan langsung menyambar minyak solar yang tidak jauh dari mesin tersebut.

Kobaran api semakin membesar, karena sebagian besar lokasi dipenuhi kayu olahan yang sudah jadi. Kepulan asap pun terlihat menghitam di sekitar lokasi. Warga setempat juga tampak melihat sawmill yang terbakar tersebut.

Dua mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Tebo tidak mampu memadamkan api yang menghanguskan ribuan kubik kayu log dan olahan tersebut.

Kapolres Tebo, AKBP Zainuri Anwar yang langsung turun ke lokasi kejadian mengatakan, kayu olahan serta bangunan sawmil hangus terbakar termasuk 3 unit mesin diesel.

Besarnya kobaran api, pada pukul 19.00 WIB kemarin kobaran api sudah berhasil dipadamkan. Namun kondisi sawmil sudah rata dengan tanah. Tampak juga dua container parker diluar sawmill tersebut yang hendak memuat kayu olahan yang akan dijual ke luar Provinsi Jambi. RUK

2 comments:

Indra Bastian said...

poto poto di atas, di ambil pagi hari setelah kebakaran yg terjadi mulai sore sebelum nya..

Quote "Dua mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Tebo tidak mampu memadamkan api yang menghanguskan ribuan kubik kayu log dan olahan tersebut."

saya yg bersama dua regu dari pemadam tebo dan satu regu dari sungai bengkal yang memadamkan, kami berhasil menyelamatkan dua buah mesin diesel 10.000 volt .. usaha penyelamatan itu kami lakukan di dalam gudang yg sedang di kelilingi api besar, bahkan salah satu anggota saya sempat keracunan gas yg berasal dari asap dari bahan yg terbakar (andai ada saksi mata yg bukan anggota pemadam disana saat itu) ..

jika kami tidak mampu memadamkan, maka tumpukan kayu dan sebagian gudang yg terlihat di poto yg diatas, akan rata jadi arang

Pekerjaan kami memang tak mengharap apresiasi, tapi tolong sedikit hargai pengorbanan kami.

Oh ya, beritanya ga akurat, ada TIGA mobil pemadam yang datang, Bukan DUA ...

wasalam "Pemadam Tebo"

Indra Bastian said...
This comment has been removed by the author.