.

.
.

Wednesday, 12 September 2012

Jambi Butuhkan Pelabuhan Samudra

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus saat melakukan pertemuan dengan pemerintah pusat, Senin (10/9). Foto batakpos/rosenman manihuruk

Jambi, BATAKPOS

Provinsi Jambi kini nsangat membutuhkan Pelabuhan Samudra guna mendukung arus perekonomian di wilayah timur Provinsi Jambi. Pembangunan Samudra tersebut sangat dibutuhkan guna mendukung perdangan segitiga emas Jambi-Batam-Singarupa dan Malaysia.

Hal itu disampikan Gubernur Jambi, Drs. H.Hansan Basri Agus, MM, (HBA) Senin (10/9)  di Jakarta, saat menyampaikan gambaran kondisi Provinsi Jambi dalam kesiapannya sebagai tuan ramah Kilau Sumatera Ketujuh.

“Jambi sangat membutuhkan Pelabuhan Samudra, saat ini sedang dalam tahap persiapan. Lahan untuk lokasi pembangunan pelabuhan ini telah dibebaskan, yang terletak di Ujung Jabung, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, yang bermuara mendekati Kepulauan Riau dan ke Singapore” kata HBA.

Disebutkan, lokasinya bagus, dan telah ditinjau oleh Direktur Pelabuh, Menteri Perhubungan, saat ini Pemerintah Provinsi Jambi sedang mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pembangun pelabuhan ini.

“Seperti  analisa dampak lingkungan (Amdal), perencanaan,  dan yang lainnya, setelah itu secara bertahap akan segera dibangun. Hal ini sudah diketahui oleh Ketua Bappenas, dan diharapkan pada 2013 ini sudah ada bantuan dari Pemerintah Pusat untuk pelaksanaan pembangunan Pelabuhan Samudra ini,”katanya.

Disebutkan,  saat ini juga sedang diproses jalan akses menuju lokasi pelabuhan dimaksud yang tinggal kurang lebih 10 kilometer lagi. Disamping itu kebutuhan pelabuhan ini juga telah disampaikan kepada Menteri BUMN, Dahlan Iskan, bahwa untuk mempercepat pembangunan Provinsi Jambi, dibutuhkan Pelabuhan Samudra.

Gubernur yakin Jambi akan lebih maju bila memiliki pelabuhan Samudra, sehingga berbagai produksi perkebunan dan pertambangan dapat diangkut langsung melalui pelabuhan dimaksud kenegara tujuan.

Tidak seperti saat ini, dimana hasil perkebunan dan pertamabangan terpaksa diangkut melalui pelabuhan Provinsi tetangga, untuk itu untuk Gubernur juga mengharapkan dukungan semua pihak untuk mewujudkan pelabuhan samudra dimaksud.RUK

No comments: