.

.
.

Friday, 31 August 2012

Mahasiswa UNJA Diwajibkan Pakai Batik Jambi

BATIK JAMBI

 Jambi, BATAKPOS

Di hari terakhir kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) Universitas Jambi (Unja), sebanyak 1.849 mahasiswa baru di kampus pinang masak Mandalo Darat, Muarojambi diwajibkan memakai batik khas Jambi. Hal ini ditujukan agar para mahasiswa baru lebih mencintai batik tempat mereka tinggal.

Ketua Panitia PKK Unja, Hadi Saputra kepada wartawan, Kamis (30/8) mengatakan, motto dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung adalah nilai-nilai yang ingin ditekankan dalam kegiatan tersebut.

Menurut Hadi, di Jambi banyak motif batik yang tidak diketahui oleh masyarakat. Untuk itu kegiatan ini juga ditujukan untuk mengenalkan beragam motif batik Jambi yang kaya akan beraneka warna. Batik Jambi sebenarnya cukup dikenal secara nasional bahkan beberapa waktu lalu ibu presiden Ani Yudoyono pernah memakai batik khas Jambi ini.

Disebutkan, dalam kegiatan hari terakhir ini para, mahasiswa baru yang dibalut dengan baju batik tersebut terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan yang ada. Tidak hanya dalam acara training motivasi saja, tetapi dalam acara yang digelar oleh HIPMI Bakorda Jambi antusiasme juga tampak.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 27 Agustus sampai 29 Agustus 2012 itu, para mahasiswa baru diharuskan datang jam 05.30 dan pulang pukul 16.00. Untuk hari pertama para mahasiswa baru diharuskan memakai pakaian hitam putih.

Kemudian pria diharuskan memakai dasi kupu-kupu dan wanita memakai bolero. Sedangkan di hari kedua para mahasiswa diwajibkan memakai pakaian sesuai profesi yang mereka sukai. Dan di hari terakhir mereka diwajibkan memakai batik khas Jambi.

“Untuk pemakaian batik sendiri sengaja dibuat agar batik Jambi tidak menjadi tamu di rumah sendiri dan supaya para mahasiswa baru lebih mencintai batik Jambi,”kata Hadi. RUK

No comments: