.

.
.

Saturday, 18 August 2012

HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 67 di Jambi

Moses dan Ezer Menghormat Bendera

JAMBI - Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke 67 tahun 2012 tingkat Provinsi Jambi, yang dilaksanakan di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, dengan  Komandan Upacara Letkol Inf. Dwi Muharto, Kasiterrem o42/Gapu dan Perwira Upacaranya Letkol Caj, Drs. I Wayan Windia, Kasipemrem 042/Gapu.

Rangkaian Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Provinsi Jambi diawali dengan, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Effendi Hatta, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Gubernur Jambi, do’a oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, yang dilanjutkan dengan pengibaran Dublikat Bendera Pusaka.

Hadir pada kesempatan ini,  Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum, beserta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Jambi lainnya, anggota DPRD Provinsi Jambi, para rektor Peguruan Tinggi di Jambi, para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, perintis kemerdekaan, warakawuri, upacara diikuti oleh perwakilan TNI/Polri, anggota Korpri, Satuan Polisi Pamong Praja,  perwakilan organisasi kemasyarakatan, partai politik, dan Pramuka.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas pagi ini adalah pasukan Bangsa, yang diperkuat oleh 54 pelajar yang berasal dari sembilan Kabupaten dan dua Kota dalam Provinsi Jambi, 45 orang TNI, ditambah empat orang Pom, dengan pembawa baki Astrid Aidina Fatma pelajar dari Kabupaten Merangin, didampingi Indah Khairunisa  pelajar dari utusan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Sedangkan yang dipercaya sebagai Komandan Paskibraka, dari Tim Bangsa, Adittya Dwi Putra, pelajar utusan dari Kota Sungai Penuh, dan sebagai pengibar duplikat bendera pusaka M. Ridwan, pelajar utusan Kota Jambi bersama Iwan Kurniawan juga dari Kota Jambi dan Arjuna utusan dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Rangkaian peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 67 di Jambi, diamali dengan pawai taptu pada malam hari sebelumnya (16/8/2012), dilanjutkan dengan renungan suci pada pukul 00.00 WIB di Taman Makam Pahlawan Satria Bhakti Jambi.

Walapun upacara dilaksanakan bertepatan dengan pelaksanaan pusa Romadhan tahun 1433 H/ 2-12 M, namun  upacara berjalan hikmat, dan terlaksana dengan sempurna.



Gubernur Jambi seusai upacara menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada petugas dan peserta upacara hari ini kita memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan negara kita yang ke 67. "Untuk itu saya mengucapkan selamat kepada bangsa Indonesia umumnya, dan masyarakat Jambi khususnya, walaupun dalam suasana berpuasa upacara hari ini dapat terlaksana dengan baik, ini harus kita syukuri, dan saya sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua yang telah terlibat dalam pelaksanaan upacara ini,"kata HBA.



HBA pada kesempatan ini juga menyampaikan rasa keprihatinannya, dimana saat ini dirasakan rasa kebangsaan dirasakan semakin berkurang. "Saya juga merasa prihatin, karena kemerdekaan yang didapat dengan pengorbanan jiwa raga, tetesan  keringat dan darah dan air mata dari para pejuang, namun dirasakan saat ini rasa kebangsaan tersebut semakin berkurang,”katanya.

Gubernur Jambi menghimbau seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah untuk memperingat HUT Proklamasi ini dengan sebaik-baiknya. "Ini sebagai salah satu wujud penghormatan kita kepada para pejuang yang telah dengan ikhlas mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan negri ini, sangat disesalkan adanya masyarakat yang tidak lagi mau hadir pada peringat HUT Proklamasi ini, terlebih lagi bagi para aparat pemerintah, apalagi sampai untuk memasang benderapun tidak mau,” katanya.



Gubernur Jambi juga menyampaikan jika dalu para pejuang telah berjuang untuk meraih kemerdekaan negeri ini, maka tugas kita sekarang untuk mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan, disamping dengan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan visi Jambi yakni Jambi EMAS 2015, yakni Jambi yang Ekonominya Maju, Aman, Adil, dan Sejehtera) sebagaimana yang dicita-citakan oleh pendahulu-pendahulu kita,”katanya.RUK

********

UPACARA PENURUNAN BENDERA

17 AGUSTUS BERLANGSUNG KHIKMAT

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Republik Indonesia Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2012, yang bertempat di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi, Jumat sore (17/8), berlangsung khikmat.

Dalam Upacara Penurunan Bendera tersebut, Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar bertindak sebagai inspektur upacara.

Sebelumnya, dalam Upacara Penaikan Bendera (pagi), Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA), bertindak sebagai inspektur upacara.

Gubernur Jambi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, para Asisten, Staf Ahli Gibernur, para kepala SKPD dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, para perwakilan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Pemerintah Provinsi Jambi, perwakilan dari berbagai instansi, dan para perwakilan pelajar, serta para undangan lainnya turut serta dalam upacara tersebut.

Usai Upacara Penurunan Bendera, Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Forkopimda Provinsi Jambi, serta seluruh peserta upacara melakukan buka puasa bersama, bertempat di Kantor Gubernur Jambi. RUK

No comments: