.

.
.

Thursday, 30 August 2012

AS Bantu Kerjasama Penelitian Candi Muarojambi

Candi Muarojambi.Foto Rosenman Manihuruk

Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) berharap, melalui kunjungan Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia, Scot Marciel ke Candi Muarojambi, meminta bantuan program dari AS terutama dalam bidang kerjasama penelitian (joint research) Candi Muarojambi. Selain itu juga dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan dokumentasi.

Dubes AS untuk Indonesia, Scot Marciel mengunjungi candi kebangaan Provinsi Jambi ini, Selasa (28/8). Dalam kunjungan ke candi yang masuk world heritage (warisan budaya dunia), Scot Marciel dan staf didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Didy Wurjanto; Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi, Winston SD Mambo; Sekda Muaro Jambi, Imbang Jaya; dan para pejabat serta staf terkait dari Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.

HBA meminta bantuan kerjasama penelitian Candi Muarojambi dan juga pengembangan SDM di Provinsi Jambi. Menurutnya Candi Muarojambi merupakan obyek wisata sejarah terpadu di Indonesia sesuai dengan pencanangan yang dilakukan Presiden SBY September 2011 lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi memberikan penjelasan tentang Candi Muaro Jambi, baik tentang historisnya maupun tentang bangunan dan berbagai benda-benda budaya di Candi Muaro Jambi tersebut. RUK

No comments: