Kamis, 05 Juli 2012

Pelabuhan Samudra Dibangun di Ujung Jabung Tanjabtim


Gagal : Rencana pembangunan Pelabuhan Samudera di alur Sungai Batanghari di Tanjabtim gagal dibangun karena kondisi alur sungai yang tidak mendukung. Tampak design pelabuhan Samudera di alur Sungai Batanghari di Tanjabtim yang telah direncanakan 15 tahun lalu.
 
Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi merencanakan pembangunan pelabuhan Samudera di Ujung Jabung, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi. Rencana pembangunan itu sesuai dengan hasil kajian Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus (HBA) di Desa Sungai Itik, Kabupaten Tanjabtim mengatakan, Provinsi Jambi harus memiliki pelabuhan samudera. Dan, gubernur mengusulkan supaya pelabuhan samudera tersebut dibangun di Ujung Jabung, Kabupaten Tanjabtim.

Dengan menggunakan helikopter, HBA bersama perwakilan pemerintah pusat, yakni Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI), Kemal Heryandri dan Direktur Transportasi Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Ir. Bambang Prihartono, MSCE meninjau lokasi rencana pelabuhan, Selasa (3/7).

Menurut HBA, Pelabuhan Samudera Ujung Jabung merupakan cita-cita untuk untuk memajukan Provinsi Jambi. “Pelabuhan Samudera Ujung Jabung ini menjadi cita-cita rakyat Jambi, cita-cita kita, cita-cita kami para pemimpin, baik Gubernur (Jambi), Bupati Tanjabtim, dan seluruh bupati se Provinsi Jambi,”katanya.

Gubernur HBA menekankan, untuk Jambi bangkit, untuk Jambi yang lebih maju kedepan, Pelabuhan Samudera Ujung Jabung harus terwujud. Gubernur Jambi sangat mengarapkan dukungan dari pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Tanjabtim, dan masyarakat Ujung Jabung.

“Banyak infrastruktur yang harus disiapkan berkaitan dengan rencana pembangunan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung, mulai dari jalan sampai infrastruktur di pelabuhan itu sendiri,”katanya.

Disebutkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah/APBD) Perubahan tahun 2012 ini, hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung disiapkan, yaitu feasibility study (studi kelayakan), desain, Amdal, DED (Detail Engineering Design), dan juga termasuk jembatan menyeberangi Simpang Datuk.

Gubernur Jambi bersyukur dengan respon Bupati Tanjabtim, Zumi Zola terhadap usulan pembangunan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung. “Bupati Tanjabtim begitu tanggap, begitu rencana ini kita tampilkan, Bupati langsung mencadangkan lahan 4.200 hektar. Bagi saya, ini merupakan kerjasama yang luar biasa antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dalam rangka mewujudkan pembangunan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung,”katanya.

Bupati tanjabtim, Zumi Zola menegaskan, dirinya dan jajaran Pemerintah Kabupaten Tanjabtim mendukung penuh program Gubernur Jambi untuk membangun Pelabuhan Samudera Ujung Jabung.

Zumi Zola juga menghimbau masyarakat Tanjabtim, khususnya masyarakat Kecamatan Sadu untuk mendukung rencana pembangunan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung, yang diyakininya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanjabtim.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, H. Fauzi Ansori, para pejabat terkait dari Pemerintah Kabupaten Tanjabtim, unsur Muspida Tanjabtim, Camat Sadu, para tokoh masyarakat dan tokoh agama Kecamatan Sadu, serta para undangan lainnya. RUK

Tidak ada komentar: