Selasa, 03 Juli 2012

Kontingen Pesparawi Maluku Menarget Juara Umum Pesparawi Kendari 2012

Gubernur Buka TC Tim Pesparawi Maluku Untuk Lomba TKT. Nasional


AMBON – MALUKU. Perhatian Gubernur Maluku, Karel A Ralahlau, terhadap kontingen Pesparawi Provinsi Maluku tentunya tidak akan disia-siakan tim untuk meraih Juara Umum Pesparawi X di Kendari (1-11 Juli 2012). Jika Pesparawi Nasional IX di Samarinda, Kaltim, Nopeber 2009 lalu Juara Umum Kontingen Sulawesi Utara (Manado), tahun ini Maluku menargetkan juara umum.
 
Sebelumnya Gubernur Maluku, Karel A Ralahlau membuka dengan resmi Pemusatan Latihan (Training Center) bagi Tim Pesparawi Maluku yang akan mengikuti lomba Pesparawi Tingkat Nasional ke X di Kendari, Sulawesi Tenggara pada awal Juli 2012 mendatang.

Acara Pembukaan Pelaksanaan Kegiatan Pemusatan Latihan (TC) bagi Kontingen Pesparawi Provinsi Maluku ini, berlangsung di  gedung Gereja Syaloom, Waimahu Desa Latuhalat Kecamatan Nusaniwe Ambon, Minggu (17/6), berlangsung dalam ibadah rutin dipimpin Pdt. J. Ruhulesin, dihadiri sejumlah SKPD, Tim pesparawi yang terdiri dari Pelatih, Koordinator, Para Peserta Lomba dan ratusan jemaat setempat.

Peserta yang akan mengikuti pemusatan latihan berjumlah 207 orang. Mereka semua adalah para peserta dari hasil audisi pada Pesparawi Tingkat Provinsi Tahun 2012 dari Kabupaten/Kota se Maluku.

Para peserta ini akan disiapkan untuk mengikuti  sebanyak 11 mata lomba antara lain Paduan Suara Campuran Dewasa, Paduan Suara Remaja/Pemuda, Paduan Suara Anak, Paduan Suara Perempuan, Paduan Suara Laki-Laki, Vokal Group, Solo Remaja Putra, Solo Remaja, Solo anak 7 – 9 tahun, solo anak 10 – 13 tahun dan Music Etnis.

Selain peserta lomba juga terdapat  Tim pelatih TC sebanyak 16 orang yang dikoordinir langsung oleh Drs. Semmy Toisuta sebagai ketua Tim Pelatih Pesparawi Provinsi Maluku serta 2 orang Pianis yang berasal dari Jakarta.

Menurut Gubernur dalam sambutannya mengatakan, setelah sukses menyelenggarakan momentum MTQ ke 24 pekan lalu, kini Pemerintah Daerah Provinsi Maluku harus memberikan dan mengarahkan pelatihan ekstra kepada Tim Pesparawi yang akan berlomba di ajang Pesparawi Nasional ke X tahun 2012 di Provinsi Sulawesi Tenggara awal Juli mendatang.

“Pesta Paduan Suara Gerejawi sudah menjadi agenda rutin Gereja-gereja di Indonesia, namun diharapkan agar ajang ini sebagai sebuah panggilan ibadah yang kudus dan yang dikehendaki Tuhan,” kata Gubernur.

Selain menyatakan dukungan dari Pemerintah terhadap kegiatan ini, Gubernur juga mengharapkan agar tim Pesparawi Maluku dapat meraih prestasi puncak di Kendari nanti.

Gubernur mengingatkan agar para peserta dapat lebih berkonsentrasi dalam pemusatan latihan ini, sehingga dalam menjalani masa Training Center,  peserta bukan hanya terfokus pada syair, melodi dan interpelasi pujian, melainkan mengharmonikan diri seorang dengan lainnya untuk memberikan pujian sejati kepada Tuhan.

Sementara Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Maluku (LPPM), Polly Kastanya mengharapkan Tim Pesparawi Maluku dapat kembali meraih juara umum Tingkat Nasional. Kastanya juga meminta tim dapat lebih maksimal dalam pemusatan latihanselama 34 hari ini sehingga pada saat lomba seluruh peserta dapat mencapai titik puncak.

Untuk diketahui, pelatihan ini sudah berlangsung selama 21 hari terhitung mulai pada tanggal 28 Mei 2012 lalu dan akan berakhir pada 29 Juni 2012 mendatang.

Para peserta selama mengikuti TC akan ditampung di rumah-rumah anggota jemaat. Mereka akan menggunakan sarana gedung Gereja BK dan gedung Muhabet jemaat Waimahu, sebagai pusat pelatihan.

Selama TC berlangsung di di Jemaat GPM Waimahu oleh Panitia disusun agenda kegiatan meliputi ibadah untuk membina mental peserta kontingen, Latihan Olah Vokal pada tempat-tempat pelatihan selain dilakukan Try Out pada minggu-minggu keberangkatan kontingen di beberapa gereja di Ambon dengan tujuan memantapkan sekaligus mengevaluasi hasil pelatihan.

Kegiatan lain tim tersebut antara lain melakukan kesegaran jasmani dengan tujuan untuk menjaga stamina dan kesehatan fisik peserta  agar tetap bersemangat. Peserta diadakan pemeriksaan kesehatan oleh seorang tenaga dokter dan 2 orang tenaga medis .

Maksud pelaksanaan TC Kontingen Pesparawi Provinsi Maluku adalah untuk memperoleh tambahan ketrampilan, pengetahuan, khusus bidang tarik suara dalam rangka mengikuti lomba Pesparawi Nasional X di Kendari, Sulawesi Tenggara, selain juga untuk mempertahakan prestasi Kontingen Pesparawi yang sudah tiga kali berturut-turut sebagai juara Tingkat Nasional. (http://www.beritamaluku.com-bm 10)

Tidak ada komentar: