.

.
.

Tuesday, 17 July 2012

Kementerian Pertanian Bakal Cetak 1000 Hektar Sawah di Kerinci


(Kiri ke kanan) Anggota Komisi IV DPR RI (dapil Jambi), Drs. H. A. Murady Darmansjah, Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar, Menteri Pertanian RI H. Suswono panen padi di Kerinci. Foto Rosenman Manihuruk
Jambi, BATAKPOS

Menteri Pertanian RI H. Suswono di Jambi mengatakan, pihaknya tahun depan direncanakan mencetak 1.000 hektar sawah baru di Kabupaten Kerinci. Kemudian pemerintah daerah juga diminta untuk mencetak lahan sawah baru guna menjaga ketahana n pangan di Indonesia.

Hal itu dikatakan Suswono saat dalam  kunjungannya di Kabupaten Kerinci dalam rangka panen raya dan panen perdana padi di lokasi cetak sawah tahun anggaran 2011, bertempat di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Minggu (15/7) sore.

Menurut Suswono, target capaian kementerian pertanian kurun waktu 2010-2014, yakni swasembada pangan dan swasembada berkelanjutan, terutama untuk makanan pokok, khususnya beras (target surplus 10 juta ton beras sampai tahun 2014).

Kemudian diversifikasi pangan agar pangan masyarakat jangan terlalu bertumpu pada beras, tetapi bisa juga singkong, jagung, kentang, dan makanan lainnya, penurunan konsumsi, penyempurnaan manajemen, sampai tempat penyuluh pertanian kecamatan jadi posko beras.

Menurut Suswono, 100.000 Ha wilayah pertanian telah beralih fungsi, sedangkan biaya untuk mencetak sawah baru tidak kurang dari Rp11 juta per Ha. Tahun 2012 ini, 100.000 Ha sawah baru dicetak se Indonesia.

Dalam upaya menunjang keberhasilan pertanian, lanjut Suswono, telah dibentuk KP3 (Komisi Pengawas Pupuk dan Petisida). Disamping itu, Suswono membeberkan bahwa 52 persen irigasi nasional rusak. Dan, Menteri Koordinator Perekonomian RI telah menganggarkan Rp 3 triliun untuk memperbaikinya.

Disebutkan, juga memberitahukan SMS Center Kementerian Pertanian RI untuk membantu menampung segala aspirasi dari masyarakat Indonesia, yaitu : 0813 8303 4444.

Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi selalu berupaya semaksimal mungkin mamacu produksi pangan dengan mensinergikan kegiatan-kegiatan yang penganggarannya berasal dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten/Kota, dan swadaya masyarakat.

Wagub menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi bersama-sama dengan kabupaten/kota telah berusaha membina dan mendorong para petani untuk terus meningkatkan produksi pangan, baik melalui peningkatan produktivitas maupun melalui peningkatan luas panen, yang salah satunya adalah dengan penambahan luas lahan pertanian tanaman pangan.

Dikatakan oleh Wagub, berbagai program dan kegiatan pembangunan pertanian telah dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah guna memacu peningkatan produksi pangan nasional, sehingga upaya mempertahankan ketersediaan pangan, khususnya padi dapat tercapai.

Wagub menekankan sangat pentingnya upaya untuk memperluas lahan pertanian tanaman pangan. Dalam upaya memperluas lahan pertanian tanaman pangan, Wagub mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, yang selalu mengalokasikan dana APBN untuk cetak sawah baru di Provinsi Jambi sejak tahun 2006.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pertanian RI, yang telah mengalokasikan dana untuk cetak sawah baru seluas 5.859 hektar dalam kurun waktu tujuh tahun," ujar Wagub.

Bupati Kerinci, H. Murasman, mengemukakan, bagusnya hasil produk pertanian masyarakat Kerinci sering kali tidak diimbangi oleh bagusnya harga jual, yang disebabkan oleh berbagai permasalahan, merupakan persoalan yang sering dihadapi oleh petani.

Untuk itu, dirinya menghimbau seluruh pihak terkait untuk bersama-sama mengatasi persoalan tersebut. Murasman menyatakan, belum ditemukan varietas baru padi yang cocok ditanam di Kerinci selain varietas yang umurnya 7 sampai 9 bulan.

Anggota Komisi IV DPR RI (dapil Jambi), Drs. H. A. Murady Darmansjah dalam sambutannya pada intinya mengucapkan terimakasih kepada Menteri Pertanian dan seluruh jajarannya yang telah mendukung cetak sawah baru ini.

Selanjutnya, Menteri Pertanian, Wagub Jambi, Bupati Kerinci, Anggota Komisi IV DPR RI melakukan panen padi di sawah cetak baru di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Danau Tujuh.

Usai melakukan panen padi, Menteri Pertanian, Wagub Jambi, Bupati Kerinci, Anggota Komisi. IV DPR RI, dan rombongan meninjau Lumbung Pangan Sejahtera Bersama, Desa Mandiri Pangan, Pos Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan, tempat pembuatan kompos, serta peninjauan pembibitan kentang dan gudang kentang, yang semuanya bertempat di desa dan kecamatan yang sama. RUK

No comments: