Kamis, 05 Juli 2012

Jumlah Orang Miskin di Jambi Mulai Turun 5,28 Persen

Pengemis anak-anak di  Kelenteng Siau San Teng yang terletak di Rt 10 Sungai Asem, Kampung Manggis, Kelurahan Cempaka Putih, Kota Jambi. Foto Rosenman Manihuruk


Jambi, BATAKPOS

Jumlah penduduk miskin di Jambi tahun 2011 mulai menurun sebesar 5,28 persen dari jumlah Penduduk Jambi yang miskin ada 1,2 juta. Penduduk Provinsi Jambi berkisar 3 juta jiwa, dimana 20 persen merupakan lapisan atas, 40 persen menengah dan 40 persen lapisan bawah.

Hal itu dikatakan Gubernur Jambi Drs. H.Hasan Basri Agus, MM, (HBA), sambutannya pada pembukaan Konsultasi Regional (Konreg) Produk Domestik Regional Bruto dan Informasi Sosial Ekonomi (PDRB-ISE) Wilayah Sumatra tahun 2012, di Abadi Convention Center, Jambi, Selasa (3/7/12).

“Tahun 2011 penurunan jumlah penduduk miskin di Provinsi Jambi menunjukkan trend positif, dimana pada tahun 2011 prosentase penduduk miskin di Provinsi Jambi mengalami penurunan sebesar 5,28 persen atau turun menjadi 7,90 persen,”katanya.

Menurut HBA, berdasarkan berita resmi Statistik edisi 7 Mei 2012, secara spasial struktural perekonomian Indonesia, wilayah Pulau Jawa masih memberikan kontribusi yang relatif besar terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) tribulan I tahun 2012, yakni 57,5 persen, wilayah Sumatera sendiri memebrikan kontribusi sebesar 23,6 persen, dan sisanya sebesar 18,9 persen disumbangkan oleh wilayah di luar Jawa dan Sumatera.

Kondisi ini tentunya memberikan implikasi terhadap ketidkseimbangan pembangunan, yang pada akhirnya akan memebrikan akses terhadap perlambatan pembangunan secara nasional. Untuk itu, sebagai upaya percepatan keseimbangan dalam pengembangan Koridor Ekonomi dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dapat dijadikan sebagai satu simpul mengatasi persoalan ketidak seimbangan pembangunan antar wilayah.

Dikatakan, untuk prosentase jumlah penduduk miskin yang terendah adalah 6,51 persen, terdapat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sedangkan presentase tertingginya berada di Provinsi Aceh sebesar 20,98 persen, dan untuk Provinsi Jambi sendiri, presentasi jumlah penduduk miskin tahun 2010 sebesar 8,34 persen dan angka ini merupakan presentase terendah ketiga setelah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar 6,51 persen dan Provinsi Kepulauan Riau 8,05 persen. RUK

Tidak ada komentar: