Kamis, 05 Juli 2012

Daftar Tunggu Haji Jambi Hingga Tahun 2023



Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) menilai minat masyarakata Jambi untuk menunaikan ibadah haji dan umroh cukup tinggi. Hal itu terbukti saat ini daftar tunggu sudah mencapai tahun 2023.

Hal tersebut dikatakan HBA saat jamuan makan malam bersama rombongan Komisi III DPD RI di Rumah Dinas Selasa (3/4) malam. “Bukan ibadah haji saja, tetapi umroh juga cukup antusias, hamper setiap bulan warga Jambi banyak yang melaksanakan umroh ke tanah suci, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan dan kemampuan masyarakat Jambi meningkat,”katanya.

“Banyak warga yang usianya sudah lanjut datang kepada saya untuk minta nota atau semacam rekomendasi dan sebagai pemimpin yang dipilih masyarakat, saya perlu memperhatikannya,”ujarnya.

Ketua rombongan Komisi III DPD RI  Dra. Elviana, M.Si mengatakan dari hasil dialog di Kabupaten Muaro Jambi, pihaknya menemukan bahwa untuk dana Jaminan Persalinan tahun anggaran 2011, dari dana yang dianggarkan sebesar Rp. 1,2 M hanya terpakai sebesar Rp. 507 juta, dan untuk tahun ini dana 2012, hari ini baru turun.

Hal ini akibat lambatnya klaim dari Kabupaten Muarojambi. Disamping itu dari segi petunjuk teknis yang kurang tepat, karena Askes hanya berlaku bagi ibu yang melahirkan di sarana prasarana kesehatan.

“Di Kabupaten Muaro Jambi dari 16 Puskesmas hanya 7 Puskesmas yang memiliki sarana yang layak untuk melahirkan,”katanya.

Kunjungan ke Jambi dan sejumlah Propinsi lainnya, menurut Elviana dalam rangka meminta harapan publik terhadap DPD RI khususnya terhadap pelaksanaan ibadah haji tahun 2012 dan RUU produk halal dan program jaminan persalinan bantuan langsung pemerintah pusat untuk membantu menekan angka kematian ibu melahirkan.

Komisi III DPD RI bermitra dengan Menteri Kesehatan, pendidikan, olahraga, budaya dan pariwisata, tenaga keerja dan pemberdayaan perempuan. RUK

Tidak ada komentar: