Minggu, 26 Februari 2012

Ir Syahrasaddin Terpilih Sebagai Kakwarda Jambi Priode 2012-2017

Jambi, BATAKPOS
Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (Kiri) dan Sekda Prov Jambi Ir. Syahrasaddin (kanan) saat foto bersama saat HUT Pramuka ke 50 Tahun.


Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Ir. Syahrasaddin, M. Si terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) Jambi Priode 2012-2017 pada Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Jambi tahun 2012, di Hotel Golden Harvest, Jambi (21-24 Februari 2012).

Syahrasaddin dalam sambutannya mengatakan, saat ini Gerakan Pramuka sebagai salah satu organisasi pendidikan pembentukan karakter bangsa, yang dihadapkan dengan berbagai tantangan permasalahan generasi muda.

Seperti masalah Negara : meningkatnya jumlah kaum muda putus sekolah dan pengangguran, karena tidak memiliki ketrampilan, meningkatnya jumlah kaum muda sebagai pengguna napza, meningkatnya jumlah kaum muda melakukan hubungan seksual yang tidak sehat dan aborsi dan meningkatnya jumlah kaum muda yang terlibat dalam perkelahian, tawuran, tindakan kekerasan dan kriminal.

Kemudian masalah kebangsaan : menurunnya rasa hormat kaum muda. Kata Sekda, saat ini mana mungkin yang muda mengormati yang tua, karena yang tua tidak lagi menyayangi yang muda, sedangkan yang muda sesungguhnya adalah produk yang tua, dan semestinyalah yang tua memberikan contoh dan mengajari yang muda,

Selanjutnya menurunnya solidaritas sosial, menurunnya dan mengendornya solidaritas ini, karena telah berubahnya orientasi kehidupan, dimana sebelumnya bangsa kita dikenal dengan berorientasi sepiritual, orientasi masyarakat saat ini berubah menjadi matrial, semangat gotong royong sudah hilang, diganti dengan pengupahan, terlebih lagi diperkotaan, dipedesaanpun semangat gotong royong yang menjadi perekat kekeluargaan antara sesama warga saat ini tidak pernah lagi dilaksanakan.

“Rasa kebersamaan sudah semakin hilang. Menurunnya semangat kebangsaan, hal ini terjadi karena adanya pengkotak-kotakan, sepadanya istilah wilayah Barat dan wilayah Timur, dan seterusnya, karenanya kedepan dalam Kwarda Jambi tidak ada pembagian Jambi wilayah Timur dan Barat, tetapi akan dibagi berdasarkan topografi, tinggi, sedang dan rendah. Demikian juga dalam kepengurusan Kwarda kedepan Kakwarda minta tidak ada pengkotak-kotakan antara pengurus lama dan pengurus yang baru,”katanya.

Menurut Ir. Syahrasaddin, yang menjadi masalah kebangsaan adalah, menurunnya semangat bela Negara, ini harus terus dikobarkan, dan salah satunya melalui wadah Kepramukaan ini, dan diharapkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi masalah kaum muda, serta dapat mendukung terwujudnya Jambi Emas 2015. RUK

Tidak ada komentar: