Selasa, 06 Desember 2011

“Halak Hita” di Jambi Kekurangan Tempat Gedung Disaat Pesta “Bona Taon”

PARA TRIO BATAK YANG KERAP MENGISI PESTA ADAT DAN PESTA BONA TAON DI JAMBI
Trio Embas Jambi-Marudut Sitorus-Fauzan Samosir H-Andre Nababan. Foto Rosenman Manihuruk.

Trio Raptama Jambi.

Trio Rumba Musik Jambi.

Jambi, Batak Pos

Masyarakat Batak (halak hita) di Jambi hingga kini masih kesulitan untuk mendapatkan gedung pesta yang bisa digunakan untuk acara Pesta Bona Taon (pesta awal tahun) dan Adat Batak. Sulitnya mendapatkan gedung karena acara atau pesta Adat Batak di Jambi kian banyak, khususnya jelang Pesta Bona Taon dari Januari hingga Maret 2012 mendatang.

Gedung pesta yang sering digunakan masyarakat Batak di Jambi untuk pesta adapt dan pesta bona taon baru ada tiga yakni Gedung Budi Mulia Mayang Jambi, Sopo Godang HKBP Kotabaru Jambi dan Gedung Grace (Carles Simanjuntak) Paal V Kotabaru Jambi.

Staf pengelola Sopo Godang HKBP Jambi, St br Siahaan kepada BATAKPOS, Minggu (4/12) mengatakan, jadwal pemakaian Sopo Godang HKBP hingga Maret 2012 sudah padat. Bahkan jadwal pemakaian Desember 2011 penuh.

Disebutkan, sudah selayaknya pengusaha orang Batak di Jambi berinvestasi dibidang gedung pertemuan khusus masyarakat Batak ini, Karena jumlah masyarakat Batak dan pesta adat kian hari kian meningkat.

Sementara itu Sy R Tondang mengatakan, kini untuk mencari gedung pertemuan untuk masyarakat Batak sudah mulai sulit. Untuk acara Pesta Bona Taon marga kini sudah mulai sibuk mencari tempat, bahkan antrian tanggal pemakaian sudah berderet panjang.

Pesta Bona Taon yang dilakukan persatuan (kumpulan) marga-marga Batak merupakan tradisi budaya Batak dalam mempererat tali silaturahmi sesama khususnya marga. Tradisi budaya Batak ini semakin kokoh dan abadi di tanah perantauan.

Pesta Bona Taon marga merupakan ajang silaturahmi kekerabatan kumpulan marga-marga dan kepedulian sesama “Orang Batak” ditanah rantau.

Pesta Bona Taon juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Batak di tanah perantauan. Pesta Bona Taon ini sudah merupakan kewajiban bagi setiap perkumpulan marga-marga disetiap awal tahun. Tidak asing, kalau awal tahun sekitar bulan Januari, Februari, Maret bahkan hingga April 2012 mendatang, masyarakat Batak perantauan disibukkan dengan kegiatan pesta bona taon.

Trio Batak

Sementara itu, disaat maraknya Pesta Bona Taon di Kota Jambi awal tahun nanti, group musisi Batak dan tempat gedung pertemuan juga menampik rezeki yang lumayan. Order group musik Batak (Trio Batak) juga sangat padat dan nyaris habis.

Pemilik Musik Embas Group Jambi, A Padang, mengatakan, Pesta Bona Taon marga-marga, merupakan rezeki musiman di awal tahun. Bahkan Pesta Bona Taon juga menjadi ajang unjuk kemampuan olah vokal dan musik bagi Musisi Batak (Trio Batak) yang ada di Jambi. RUK

Para Musisi (Trio Batak) di Jambi yang sering tampil pada Pesta Bona Taon dan Pesta Adat Perkawinan Masyarakat Batak. Foto batakpos/rosenman manihuruk

Tidak ada komentar: