Jumat, 02 Desember 2011

DWP Provinsi Jambi Gelar Seminar Cegah Kanker Serviks

Jambi, Batak Pos

Dharma Wanita Persatuan Provinsi (DWP) Provinsi Jambi menggelar seminar pencegahan kanker serviks, bertempat di sekretariat DWP Provinsi Jambi di Jalan Raden Mattaher No 8 Kota Jambi, Senin (28/11). Panitia mendatangkan narasumber yakni dr.Suhair Quzwain, SPOG. Acara ini dihadiri oleh para pengurus DWP dan undangan.

Ketua DWP Provinsi Jambi Dewi Syahrasaddin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan olah Ketua DWP Dinas Kesehatan Teti Kaswandi menyatakan bahwa tujuan diadakannya seminar tentang kanker serviks ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang kanker serviks.

“Dari data yang didapat bahwa di Indonesia dalam satu hari ada 37 perempuan terdiagnosa terkena kanker serviks dan setiap hari ada 20 orang yang meninggal karena kanker serviks” ujar Dewi.


Disebutkan, bahwa penyakit ini bukanlah penyakit turunan tetapi karena virus dan dapat dilakukan deteksi dini dengan pap smear. “Untuk itu kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kanker serviks” jelasnya.

dr.Suhair Quzwain, SPOG dalam pemaparannya menjelaskan bahwa setiap dua menit seorang perempuan meninggal akibat kanker serviks dan setiap hari 20 perempuan Indonesia meninggal akibat kanker serviks.

Penyakit kanker servik ini disebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini menyebar melalui kontak sexual, HPV dapat menyerang semua perempuan disetiap waktu tanpa melihat umur ataupun gaya hidup. Banyak wanita yang dengan daya tahan tubuh yang baik mampu melawan infeksi HPV dengan sendirinya.

“Di Indonesia, Kanker Serviks adalah kanker pembunuh perempuan Indonesia no.1 tertinggi saat ini. Setiap perempuan selama hidupnya beresiko terkena virus yang menyebabkan kanker serviks, terutama beresiko tinggi bagi mereka yang merokok, melahirkan banyak anak, memakai alat kontrasepsi pil dalam jangka waktu lama, serta mereka yang terinfeksi HIV Aids,” jelasnya. RUK

Tidak ada komentar: