Senin, 12 September 2011

Ratusan Hektar Kebun Sawit di Jambi Terbakar

Kabut asap di depan rumahku. Foto Asenk Lee Saragih.
Kabut asap di depan rumahku. Foto Asenk Lee Saragih.

Jambi, BATAKPOS

Sekitar 100 hektar (ha) perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Muarojambi ludes terbakar. Sementara 800 hektar lahan gambut di tiga kabupaten di Provinsi Jambi juga terbakar sehingga memperburuk cuaca akibat kabut asap di Provinsi Jambi.

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, Tri Siswono Raharjo, Kamis (8/9) mengatakan, ada sekitar 100 hektar lahan yang terbakar di perkebunan kelapa sawit milik PT Wahana Sekonjen Indah.

Kemudian lahan gambut yang terbakar terdapat di Desa Seponjen, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muaro Jambi. Kebakaran lahan gambut itu mengakibatkan terjadinya asap tebal di Jambi sepekan terakhir.

Menurut Tri Siswono, pihaknya dan Manggala Agni telah bergerak sesegera mungkin memadamkan lokasi kebakaran. Tri Siswono berjanji dalam lima hari ini, kebakaran ini akan teratasi. Pihaknya telah bekerjasama dengan pihak perkebunan dan perusahaan yang ada di lokasi kebakaran.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ir H Tagor Mulia Nasution mengatakan, pihaknya melakukan langkah mengurangi kebakaran hutan, dengan memberikan sosialisasi bagi seluruh perusahaan perkebunan guna mencegah kebakaran hutan.

Disebutkan, pihaknya dua kali melakukan sosialisasi untuk antisipasi kebakaran. “Kita juga sudah menyurati perusahaan-perusahaan perkebunnan, supaya mengantisipasi, menyiapkan regu dan peralatan segala macam,”katanya.

Menurut Tagor, pihak perusahaan dalam satu atau dua hari ini menambah mesin-mesin penyemprot untuk pemadaman. “Salah satu contoh luas lahan 1000 hektar, mesinnya kecil. Supaya perusahaan menambah mesin yang lebih besar kapasitasnya. Supaya kalau ada muncul api di dalam kebun ini, bisa diatasi,”ujarnya.

Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar didampingi Kadishut Provinsi Jambi, Hasvia dan Kadis Perkebunan Provinsi Jambi, Tagor Mulia Nasution meninjau lokasi kebakaran di lahan gambut Desa Seponjen, Kecamatan Kumpeh Ilir Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (7/9) sore.

Fachrori Umar meminta agar perusahaan dan masyarakat secara keseluruhan diharapkan bisa sama-sama mencegah kebakaran hutan, meskipun kemarau datang. Kedatangan Wagub pada kesempatan ini guna memotivasi para petugas dari Tim Manggala Agni Dinas Kehutanan Provinsi Jambi bersama pekerja dari PT Wahana Seponjen Indah yang telah berhari-hari berada di lokasi memadamkan api. ruk

Tidak ada komentar: