Senin, 12 September 2011

Provinsi Jambi Butuh Dana Rp 6 Triliun Bangun Jalan Batubara

Truk : Sepanjang 22 km jalan Nasional di Kota Jambi seperti di jalan lingkar Selatan dan Barat Kota Jambi hingga kini kondisinya masih rusak parah. Tampak truk CPO dan batubara melintas di jalan tersebut Kamis (8/9). Foto batakpos/rosenman manihuruk

Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi membutuhkan dana sebesar Rp 6 triliun untuk membangun jalan khususnya untuk keperluan industri batubara di Provinsi Jambi. Rencana pembangunan jalan khusus tersebut akan didanai asosiasi perusahaan batubara yang menanamkan modalnya di Provinsi Jambi.

Kepala Dinas PU Provinsi Jambi, Ir Ivan Wirata, Kamis (8/9) mengatakan, jalan khusus industri itu akan membentang dari Kabupaten Sarolangun menuju Ujung Jabung, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Barat sepanjang 220 kilometer (km).

“Rencana pembangunan jalan sepanjang 220 km itu dimulai 2012. Untuk pembebasan lahan proyek tersebut menelan dana Rp 600 miliar. Walaupun jalan khusus industri itu didanai oleh asosiasi perusahaan batubara, namun industri lainnya seperti perkebunan yang juga menggunakan kendaraan besar untuk mengangkut hasil industrinya juga akan ikut andil penyumbang dana,”katanya.

Menurut Ivan, perusahaan perkebunan nantinya akan membayar sumbangan atau iuran lain sesuai kesepakatan menggunakan jalan tersebut, karena nantinya tidak diperbolehkan lagi melewati jalan negara maupun jalan provinsi.

“Pembangunan jalan industri itu untuk menekan tingkat kerusakan jalan nasional dan jalan provinsi akibat dilalui kendaraan bertonase besar pengangkut hasil industri pertambangan dan perkebunan. Dengan adanya jalan khusus itu, kerusakan jalan dapat diminimalisir,”katanya.

Jalan industri itu membentang dari Kabupaten Sarolangun menuju Ujung Jabung, sebagai daerah di kawasan pantai timur yang dirancang menjadi daerah khusus pengembangan ekonomi Provinsi Jambi.

Disebutkan, Ujung Jabung berada di sisi ambang luar pantai timur Provinsi Jambi akan dirancang menjadi daerah khusus pengembangan ekonomi Provinsi Jambi yang akan dibangun pelabuhan samudra atau pelabuhan ekspor impor komoditi Provinsi Jambi seperti batubara dan minyak mentah kelapa sawit. ruk

1 komentar:

PT. NAEING PUTRA mengatakan...

Kepada, Yth.
Bapak/Ibu pimpinan daerah
Di_tempat,

Dengan hormat,
Perkenalkan kami dari perusahaan PT. NAEING PUTRA adalah Advicer Financial Service Ayzed Indonesia Independent sebagai Lembaga Non Keuangan selalu siap membantu pendanaan proyek Pemerintah maupun Swasta di Seluruh Nusantara.
Demikian informasi ini kami sampaikan, apabila Bapak/Ibu membutuhkan dana proyek untuk kemajuan daerah atau perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin, kami berharap semoga berkenan untuk menjalin kerjasama yang baik dan berkesinambungan dengan kami, Terima kasih.

Hormat kami,
(A.M. IRHONG N)
Hp. 081289000257
Telp. 021-50477000.

e-mail :
naeing.putra@yahoo.com atau
naeing-putra-financial-service@ayzed.asia
http://ayzed.asia.com
ptnaeingputraindonesia.wordpress.com