Kamis, 11 Agustus 2011

SKPD Penting Sebagai Penyantun PKK

Jambi, BATAKPOS
Hj.Yusniana Hasan Basri



Dukungan Sauan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sangat penting sebagai Dewan Penyantun bagi PKK yang menjadi patner pemerintah dalam pembangunan, sebab tugas yang diemban PKK mampu menyentuh ke lapisan masyarakat yang paling bawah.

Hal itu dikatakan Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj.Yusniana Hasan Basri saat mengadakan kunjungan kerja ke Kantor Walikota Jambi untuk memantapkan kerjasama antara Tim Penggerak PKK dengan Pemerintah Kota Jambi selaku Dewan Penyantun TP PKK. Dalam kunjungan tersebut diadakan pertemuan dan dialog antara Tim Penggerak PKK dengan seluruh SKPD di di Ruang Pola Kantor Walikkota Jambi, Rabu (10/8).

Hadir pada acara ini Walikota Jambi dr.Bambang Priyanto yang juga sebagai Ketua Dewan Penyantun, Ketua TP-PKK Kota Jambi Roro Endah Nirwani Bambang Priyanto, Ketua BKOW Provinsi Jambi, Rohimah Fachrori Umar, Ketua Dharma Wanita Provinsi Jambi, Dewi Syahrasaddin, Sekda Kota Jambi, Ir. Budidaya, Kepala Badan, Dinas/ Bagian dan Kantor, Camat lingkup pemerintah kota Jambi, serta pengurus TP PKK Provinsi dan pengurus dan anggota TP PKK Kota Jambi.

“Setiap SKPD sudah jelas mempunyai anggarannya masing-masing, tetapi ada program dari SKPD itu berkaitan erat dengan PKK, seperti di Pokja 1 berkaitan dengan Dinas Sosnaker dengan Departemen Agama, Pokja 2 dengan Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan , Pokja 3 dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Pokja 4 dengan BKKBN dan Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Hj.Yusniana Hasan Basri juga mengungkapkan apresiasinya terhadap kemajuan yang telah dicapai oleh TP-PKK Kota Jambi yang dinilainya telah mampu menunjukkan eksistensinya.“Sekarang sudah kelihatan Ibu-ibu PKK yang pengurusnya dulu sedikit sekarang sampai 70 anggota, ini menujukkan keinginan untuk memajukan PKK, apa yang saya sampaikan tadi mereka harus mengerti apa tugas dan fungsinya melaksanakan kegiatan sesuai dengan program masing-masing mulai Pokja 1 sampai dengan Pokja 4,”katanya.

Sementara itu Walikota Jambi, dr. Bambang Priyanto dalam sambutannya menyatakan pentingnya peranan TP-PKK dan bahwa PKK memiliki pengaruh yang besar bagi pemerintah dan masyarakat.

“Terus terang saja saya ketika mendapatkan penghargaan tingkat nasional untuk Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan Penghargaan Posyandu tingkat nasional dari BKKBN hal ini adalah kerja yang teliti dan maksimal dari kaum ibu yang ada TP-PKK kota Jambi,”jelas Walikota.

Walikota juga menyatakanari bahwa 10 program PKK ini mampu menyentuh masyarakat yang paling bawah. “Kita dukung gerak dan program PKK ini yang menyentuh lapisan sampai yang terbawah, saya yakin jika PKK maju pasti akan memberikan dampak positif bagi kota Jambi,”tuturnya.

Ketua TP-PKK Kota Jambi, Roro Endah Nirwani Bambang Priyanto menyatakan bahwa sebagai mitra pemerintah kota Jambi TP PKK menganut prinsip-prinsip sinkronisasi, sinerginitas, dan efisiensi untuk mewujudkan visi kota Jambi Bernas 2013 guna menyonsong Jambi Emas 2015.

“Sinkronisasi dan sinerginitas yang dimaksudkan adalah peran dan kemitraan dalam tahapan proses pembangunan kota Jambi yang telah disusun oleh SKPD dengan memanfaatkan 10 program pokok PKK sebagai unsur penting dalam pemberdayaan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya dan masyarakat,” jelasnya. ruk

Tidak ada komentar: