Rabu, 06 Juli 2011

Rabies Merebak di Muarojambi

Jambi, BATAKPOS

Kini terdapat 6 orang mengidap positif penyakit rabies di Kabupaten Muarojambi. Banyaknya anjing liar merupakan penyebab merebaknya kasus rabies di Muarojambi. Kini Dinas Kesehatan Muarojambi melakukan penanggulangan dengan persediaan obat tersedia cukup.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Muarojambi, Yes Isman, Selasa (5/7/11) mengatakan, sebanyak 6 orang yang terlapor sudah positif mengidap penyakit rabies, ditularkan gigitan anjing.

“Penanggulangan sudah dilakukan dan persediaan obat tersedia cukup. Yang terkena penyakit yang disebabkan gigitan hewan ini sudah diberikan VAR bagi yang mengidap, yaitu vaksin anti rabies. Obat tersedia di dinas disalurkan bila ada gigitan dengan segera,”katanya.

Disebutkan, setiap bulannya, pasti ada warga yang terkena penyakit rabies di Muarojambi. Pada bulan Januari sebanyak 14 orang, Februari 2 orang, Maret 17 orang, April 9 orang dan Mei 8 orang, Juni 12 orang, Juli ini 6 orang.

Menurut Isman, kasus rabies tahun 2010 berjumlah 102 orang, kini hingga Juli sudah tercatat sebanyak 43 orang. Dengan meningkatnya jumlah penyakit rabies diminta kepada masyarakat segera melapor bila ada gigitan anjing atau hewan lain yang bisa menularkan penyakit rabies. ruk

Tidak ada komentar: