Selasa, 07 Juni 2011

Gubernur Jambi Wujudkan Kepercayaan Nasional dan Internasional Lewat Program Pro Rakyat

Samisake : Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus memecahkan kendi sebagai tanda pemberian bantuan 8 unit dumptruk dan 16 unit motor dumptruk pengangkut sampah Program Samisake Provinsi Jambi kepada Pemerintah Kota Jambi di DPRD Kota Jambi, Rabu (18/5/11). Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus kini mewujudkan kepercayaan Nasional dan Internasional lewat program-program pembangunan pro rakyat. Pelaksanaan program yang berbasis kinerja serta kreativitas merupakan prioritas Gubernur Jambi sejak menjabat Gubernur Jambi Agustus 2010 lalu.

Setidaknya hal itu ditandai dengan tiga penghargaan berharga ditingkat Internasional, Nasional dan lokal. Penghargaan yang diterima Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus MM (HBA) diantaranya pada Kamis (28/4/11) lalu menerima penghargaan Pangripta Nusantara 2011 dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI.
Presiden SBY memberikan penghargaan Pangripta Nusantara 2011 dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI kepada Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus MM (HBA) Kamis (28/4/11) lalu. Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Pemerintah Provinsi Jambi meraih penghargaan ini karena mendapatkan predikat terbaik kedua tingkat nasional dalam bidang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan.

Penyerahan penghargaan itu diserahkan langsung Presiden RI , Susilo Bambang Yudhoyono. SBY juga menyerahkan secara simbolis buku Pegangan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Pembangunan Daerah 2011 saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2011 di Hotel Bidakara, Jakarta.

Kalangan mahasiswa di Jambi juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada H Hasan Basri Agus atas upaya perubahan yang dilakukan Gubernur Jambi Priode 2010-2015.

Penghargaan itu dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi dan melaksanakan pemerataan pembangunan sampai ke desa-desa dalam Provinsi Jambi.

Program satu milyar satu kecamatan (SAMISAKE) merupakan program yang sangat diapresiasi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jambi (BEM UNJA) dan memberikan Award kepada Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) sebagai tokoh perubahan bidang birokrasi.

Penyerahan Award dilaksanakan di kampus Unja Telanaipura, Sabtu (28/5/11) malam oleh Pembantu Rektor III Unja DR. Drs. Maizar Karim, M. Hum, dengan didampingi Presiden BEM UNJA Heri Gunawan, pada acara penutupan UNJA EXPO 2011, yang disaksikan sivitas akademika Unja lainnya.

“Saya merasa sangat tersanjung dengan penghargaan yang diberikan oleh BEM UNJA ini. Rasanya belum tepat saya terima award ini, karena saya baru jadi Gubernur Jambi baru delapan bulan, masuk sembilan bulan. Namun BEM Unja telah menilai saya sebagai tokoh perubahan,”kata HBA.

Tetapi tambah Gubernur Jambi, walaupun ini merupakan sanjungan yang luar biasa, namun dibelakang itu terkesan adanya pesan dari BEM Unja, bahwa Gubernur Jambi kedepan harus bekerja lebih keras untuk mewujudkan visi JAMBI EMAS, (Ekonominya Maju, Aman, Adil dan Sejahtera) 2010-2015 mendatang, dengan program Satu Milyar satu Kecamatan (SAMISAKE).

Disebutkan, program SAMISAKE memiliki tantangan yang sangat berat yang harus dihadapi, banyak persoalan, tidak mudah untuk melaksanakannya, karena diperlukan kemauan dari semua pihak untuk membantu dan mendukung program ini.

Penghargaan Anugerah Gemilang Presiden

Ditingkat internasional, HBA juga dinilai berjasa serta memiliki komitmen dan kepedulian dalam menumbuh kembangkan aktivitas kepramukaan, khususnya di Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM mendapatkan Penghargaan Anugerah Gemilang Presiden dari Persekutuan Pengakap Malaysia, Negeri Melaka. (Organisasi Kepanduan Melaka).

Anugerah tersebut diserahkan secara langsung oleh Datuk Seri Haji Mohd. Ali Bin Mohd. Rustam, Ketua Menteri Melaka , Malaysia pada Selasa (31/5/11) pagi lalu yang bertempat di Kemp Pengakap Puan Than Chai Yan, Bukit Katil, Melaka.

Penyerahan Anugerah di bidang kepanduan ini dilakukan dalam sebuah prosesi Pembukaan Jambore Pengakap Melaka Bandaraya Warisan Dunia Ke- 8.

“Anugerah ini diberikan atas komitmen, kepedulian dan jasa-jasa penerima anugerah di bidang kepramukaan," kata Datuk Seri Haji Mohd. Ali Bin Mohd. Rustam, Ketua Menteri Melaka yang juga merupakan Presiden Persekutuan Pengakap Malaysia , Negeri Melaka.

Gubernur Jambi HBA yang mendapatkan Penghargaan Anugerah Gemilang Presiden dari negeri jiran tersebut adalah selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi .

Oleh Pengakap Malaysia, penghargaan Anugerah Gemilang Presiden tersebut diberikan kepada beberapa orang tokoh dari tiga negara, masing-masing Malaysia, Indonesia dan Brunei Darussalam yang dinilai berjasa di bidang Organisasi Kepanduan.

Dari Indonesia terdapat beberapa nama yang mendapatkan Anugerah Gemilang Presiden tersebut. Selain Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA), Sjachroedin, Z.P (Gubernur Lampung), H. Irwan Prayitno (Gubernur Sumatera Barat), H. Rahudman Harahap (Walikota Medan).
Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus, MM mendapatkan Penghargaan Anugerah Gemilang Presiden dari Persekutuan Pengakap Malaysia, Negeri Melaka. (Organisasi Kepanduan Melaka) oleh Datuk Seri Haji Mohd, Ali Bin Mohd Rustam, Ketua Menteri Melaka, di di Kemp Pengakap Puan Than Chai Yan, Bukit Katil, Melaka,
Malaysia Selasa (31/5/11).

Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus, MM mendapatkan Penghargaan Anugerah Gemilang Presiden dari Persekutuan Pengakap Malaysia, Negeri Melaka. (Organisasi Kepanduan Melaka) oleh Datuk Seri Haji Mohd, Ali Bin Mohd Rustam, Ketua Menteri Melaka, di di Kemp Pengakap Puan Than Chai Yan, Bukit Katil, Melaka,
Malaysia Selasa (31/5/11).


“Pertama-tama saya sangat berterima kasih, Alhamduliillah, Ketua Menteri Melaka dengan para Pengakap nya diberi penghargaan. Saya melihat dari sisi perkembangan Asean, pertama dimana Bapak Presiden RI SBY sekarang ditunjuk sebagai Ketua Asean dan memimpin Asean beberapa tahun ini. Oleh sebab itu Kita mengharapkan jalinan hubungan silahturrahim antara Negara Asean terutama pasukan-pasukan belia dengan pengakap dan Pramuka nya di Indonesia. Kita harapkan ke depan akan semakin kompak dan semakin akrab itu,” kata Gubernur Jambi HBA. rosenman manihuruk.(Sudah Naik di HU BATAKPOS Edisi Cetak, Selasa 7 Juni 2011).

Tidak ada komentar: