Selasa, 24 Mei 2011

Peringatan Harkitnas Ke 103 di Jambi Tanpa Unjukrasa

Jambi, BATAKPOS

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 103 tahun 2011 di Jambi, Jum’at (20/5) tanpa diwarnai unjukrasa dari elemen masyarakat ataupun mahasiswa. Tahun sebelumnya Harkitnas diwarnai dengan aksi unjukrasa elemen masyarakat dan mahasiswa.

Peringatan Harkitnas di Jambi diadakan dalam upacara bendera, dengan Inspektur Upacara Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum, bertempat di lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi.

Wagub Jambi menyampaikan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Tipatul Sembiring, yang menyampaikan bahwa tema Hari Kebangkitan Nasional ke 103 tahun 2011, yakni “Dengan Semangat Harkitnas ke-103 tahun 2011, kita Wujudkan Kebangsaan yang Berkarakter, Bersatu dan Berdaya Saing Menuju Masyarakat yang Sejahtera”.

Disebutkan, Pergerakan Boedi Oetomo mampu memicu munculnya organisasi-organisasi pergerakan kaum muda, baik yang bersifat kedaerahan, politik, serikat pekerja, dan kepemudaan, dan munculnya berbagai organisasi tersebut, mewarnai bangkitnya nilai-nilai nasionalisme dan berlanjut pada tahun 1928 dengan bersatunya berbagai kelompok organisasi, khususnya organisasi kepemudaan untuk mewujudkan suatu gerakan nasionalisme sejati, melalui “Sumpah Pemuda”.

Upacara Peringatan Harkitnas ke 103 tahun 2011 ini diikuti unsur Muspida Provinsi Jambi, pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, PNS, TNI, Polri, Mahasiswa, dan Pelajar. Pada peringatan Harkitnas ke 103 tahun 2011 di Provinsi Jambi ini juga ditandai dengan Pencanangan Dekade Aksi Keselamatan Jalan tahun 2011-2020 oleh Jambi Safeti Riding Course, Polda Jambi, selain juga diisi dengan mendengarkan paduan suara dari siswa/siswi SMP Negeri 7 Kota Jambi, yang membawakan lagu-lagu perjuangan. ruk

Tidak ada komentar: