Selasa, 05 April 2011

Wapres Boediono Minta Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Energi Daerah

Jambi, BATAKPOS

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. Boediono menitikberatkan terciptanya jaringan dalam pembangunan infrastruktur dan energi di daerah Sumatera, khususnya wilayah Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung (Belajasumba).
Wapres RI Boediono didampingi Ketua Penyelenggara A Somad saat meresmikan Jambi Emas Expo 2011, Jumat (1/4) di Arena XMTQ Paal Merah Jambi Selatan. Foto Batakpos/rosenman manihuruk

Hal itu disampaikan Boediono pada saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se Wilayah Belajasumba Tahun 2011, diselenggarakan di Abadi Convention Center (ACC), Kota Jambi, Jumat (1/4).

Adapun tema Rakor Gubernur se- Belajasumba yang diselenggarakan di Provinsi Jambi kali ini adalah "Dengan Momentum Semangat Kebersamaan Dan Berkelanjutan Kerjasama Se Wilayah Belajasumba Kita Tingkatkan Koordinasi Dan Sinkronisasi Pembangunan."

Menurut Wapres, Rakor Gubernur se Belajasumba merupakan suatu even yang positif sebagai wahana sinkronisasi pembangunan secara umum, khususnya dalam aspek pembangunan infrastruktur dan energi.
Wapres RI Boediono didampingi Ketua Penyelenggara A Somad saat meresmikan Jambi Emas Expo 2011, Jumat (1/4) di Arena XMTQ Paal Merah Jambi Selatan. Foto Batakpos/rosenman manihuruk


“Jaringan pembangunan, terutama pembangunan infrastruktur dan energi sangat penting untuk dibangun dan diciptakan. Dalam pembangunan tersebut, upaya yang dilakukan oleh satu daerah jangan menjadi potongan-potongan yang terpisah dengan upaya yang dilakukan daerah lainnya, namun saling mendukung, sehingga ada sinkronisasi. Kondisi seperti itulah yang menciptakan jaringan dalam pembangunan,”katanya.

Boediono menekankan agar Rakor gubernur se wilayah Belajasumba dapat membuahkan rumusan bersama yang menciptakan jaringan pembangunan, dengan fokus utama pada aspek pembangunan infrastruktur dan energi.

Sinkronisasi dan membentuk network dalam pembangunan di wilayah Belajasumba ini diharapkan bisa menjadi akselerator pencapaian kemajuan regional, dengan sasaran akhir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain menyampaikan harapan yang ingin dicapai atau dirumuskan dari Rakor Gubernur se Belajasumba, Wapres juga menyinggung dua peristiwa besar internasional saat ini, yaitu bencana gempa dan tsunami di Jepang serta krisis politik di Timur Tengah.

Hal yang ditekankan Wapres dari kedua peristiwa tersebut adalah pembelajaran tentang penanggulangan dampak gempa dan tsunami serta upaya solusi damai dalam krisis politik di Timur Tengah.

Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) melaporkan, Wapres dalam kunjungannya didampingi Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Kehutanan, Menteri Pertanian, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Wakil Menteri PU. ruk

Tidak ada komentar: