Kamis, 14 April 2011

DPRD Kota Nilai Kadin Tak Bertanggung Jawab Soal Sampah

Jambi, BATAKPOS

Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Jambi menuding Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jambi kurang bertanggung jawab soal persoalan tumpukan sampah sisa pelaksanaan Jambi Emas Expo (JEE) 2011. Kadin Jambi merupakan panitia pelaksana pameran jambi Expo tersebut.

DPRD Kota Jambi juga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk menyikapi hal tersebut agar tidak terulang dimasa yang akan datang. Dewan juga menghimbau agar pelaksanaan event benar-benar dimantapkan oleh penanggungjawab semua kegiatan.

Ketua Komisi C DPRD Kota Jambi, Budiyako, Selasa (12/4) menjelaskan, permasalahan sampah JEE adalah kelalaian panitia pelaksana. Tumpukan sampah di bekas lokasi pameran hingga kini masih berserakan.

“Jika Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) menyatakan sampah Jambi Expo 2011 adalah tanggung jawab panitai pelaksana yang telah di limpahkan ke pihak ke 3, maka hal itu sepenuhnya tanggung jawab panitia,”katanya.

Menurut Budiyako, Pemprov Jambi harus menyikapi hal ini, karena kegiatan ini merupakan tanggung jawab Kadin Jambi dan Pemprov Jambi. Pantauan menunjukkan, puluhan kubik sampah basah dan kering masih bertebaran di semua tempat. Warga sekitar menyatakan mulai terganggu dengan banyaknya tumpukan sampah di arena eks MTQ Jambi ini.

Kepala Dinas, Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Jambi, Mukhlis Muis mengatakan, tumpukan sampah yang dihasilkan dalam kegiata JEE 2011 ini bukan tanggung jawab instansinya. Sebab panitia telah menyerahkan permasalahan ini kepada pihak ke 3.

“Tugas DKPP Jambi pada sebelum hari pelaksanaan hingga hari H. Sesudah itu sepenuhnya tanggung jawab panitia pelaksana. Kita dari awal sudah coba menawarkan kerjasama dengan panitia, namun saat itu panitia mengatakan telah menyerahkan tanggungjawab sampah kepada pihak ketiga. Jadi untuk masalah sampah sisa Jambi Expo bukan tanggung jawab DKPP Kota Jambi,” tambahnya. ruk

Tidak ada komentar: