Rabu, 20 April 2011

DPR dan Wagub Jambi Tinjau Pelaksanaan UN di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Anggota Komosi X DPR, daerah pemilihan Provinsi Jambi, Selina Gita bersama Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Drs. H. Fachrori Umar, meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di tiga sekolah di Kota Jambi Senin (18/4). Pelaksanaan UN di Jambi sempat molor akibat hujan mengguyur Jambi sejak Senin subuh.

Tiga sekolah yang ditinjau yakni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Jambi, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kota Jambi, dan SMA Negeri 4 Kota Jambi.

Salina Gita dan Fachrori Umar dan rombongan lainnya menyaksikan langsung para siswa/siswi yang sedang mengerjakan soal-soal mata pelajaran Bahasa Indonesia. Wagub Jambi sempat menyapa peserta ujian memberikan dorongan semangat menjalani UN.

Dalam pelaksanaan UN ini, jumlah maksimal siswa/siswi peserta ujian dalam satu ruangan sebanyak 20 orang. Jumlah siswa/siswi peserta UN pada masing-masing sekolah tersbut adalah: 299 orang di SMK N 1 Kota Jambi yang dibagi dalam 16 ruangan, 407 orang di SMA N 5 Kota Jambi, dan 508 orang di SMA N 4 Kota Jambi, yang dibagi dalam 27 lokal.

Fachrori Umar juga meminta PLN Cabang Jambi untuk tidak melakukan pemadaman listrik seperti Minggu malam. Terkait adanya ujian listening/mendengarkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris yang akan dilaksanakan pada Rabu (20/4), Wagub menegaskan ke pihak PLN agar listrik jangan sampai mati pada pelaksanaan ujian listening tersebut.

Selina Gita mengatakan, dari tinjauannya, semua berjalan dengan baik, mulai dari pendistribusian soal maupun sosialisasinya, karena ada perubahan sistem dalam UN kali ini. “Dengan sistem yang ada sekarang ini, siswa merasa lebih nyaman daripada yang ada sebelumnya,”katanya.

Salina Gita mengemukakan sejauh ini tidak atau belum ada kendala-kendala yang ditemukan. Gita mengungkapkan pentingnya meningkatkan koordinasi dengan PLN, khusus kaitannya dengan pelaksanaan UN, yakni untuk menambahkan daya atau agar jangan sampai ada listrik yang mati, terutama selama penyelenggaraan UN.

“ Agenda Komisi X DPR ke Jambi, berkaitan dengan pelaksanaan UN, dimana pengawasan merupakan salah satu fungsi tugas DPR. Apalagi ada perubahan sistem dalam UN tahun ini.Komisi X DPR RI dibagi tiga (turun ke daerah), yakni ke Jambi, NTB, dan Kalimantan Selatan untuk membahas sistem yang baru dalam UN ini,”katanya.

Walikota Jambi Bambang Priyanto juga melakukan kunjungan ke beberapa sekolah melihat proses hari pertama UN. Dirinya berharap UN tahun 2011 bisa lebih baik. Meski soal yang diberikan ke siswa berbeda, namun hal itu bukan masalah. ruk

Tidak ada komentar: