Kamis, 10 Februari 2011

Harimau Sumatera Diambang Kepunahan

Jambi, BATAKPOS

Pupulasi harimau Sumatera (Panthera Tigris of Sumatrae) yang ada di Jambi saat ini diambang kepunahan karena masih adanya perburuan satwa liar. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi kini mencatat populasi harimau Sumatera di Jambi hanya berjumlah 40 ekor.

Perburuan liar, perambahan hutan dan penyebaran populasi manusia di kawasan hutan sebagai habitat harimau itu disinyalir menjadi penyebab utama satwa ini makin terdesak dan makin punah.

Kepala BKSDA Provinsi Jambi, Tri Siswo Selasa (8/2) kepada wartawan mengatakan, dari data survei, di Jambi saat ini tak lebih dari 40 ekor harimau Sumatera. Fokusnya di kawasan taman Nasional Berbak, TNKS dan wilayah bagian selatan.

“Populasi harimau Sumatera ini sangat terancam dengan aktivitas manusia. Sehingga peristiwa harimau memangsa manusia kembali terjadi seperti yang baru-baru ini. Kita tidak bisa menyalahkan harimau, karena mereka juga bertahan untuk hidup. Perburuan liar juga salah satu penyebab berkurangnua populasi harimau di Jambi,”katanya.

Berdasarkan survei, kata Tri, peristiwa harimau memangsa manusia bermotif terusiknya populasi mereka akibat ulah pemburu liar. “Perambahan hutan juga terus berlangsung, juga perburuan liar. Inilah persoalan kenapa harimau makin punah,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: