Selasa, 14 Desember 2010

Pemilukada Kota Sungai Penuh Dua Putaran

Jambi, BATAKPOS

Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi berjalan dua putaran. Tujuh pasangan calon tidak ada yang mencapai perolehan suara satu putaran yang berlangsung Sabtu (11/12). Pencoblosan putaran kedua juga terkendala dana yang belum ada.

Sementara Pleno KPU Kota Sungai Penuh akan berlangsung 15 Desember mendatang. Setidaknya dana untuk putaran kedua mencapai Rp 1,4 miliar. Namun anggaran tersebut belum menunggu cair dari APBD Kota Sungai Penuh 2011.

Demikian dikatakan Ketua KPU Kerinci, Wazirman saat dihubungi dari Jambi, Senin (13/12). Menurutnya, pihaknya sudah mengajukan anggaran Pemilukada putaran kedua dan akan diambil dari APBD tahun 2011.

Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus Sabtu (11/12), meninjau jalannya pelaksanaan Pilkada Kota Sungai Penuh yang diikuti sebanyak 7 (tujuh) pasang calon.

Gubernur Jambi mengatakan dari hasil pantauan dilapangan, dirinya melihat begitu bergairahnya masyarakat Kota Sungai Penuh melaksanakan pilkada ini. Begitu tingginya antusiasme warga serta adanya ketenangan di masyarakat dan juga panitia penyelenggara dalam pilkada ini.

Polda Jambi menyiagakan sebanyak 535 personel polisi untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Sungaipenuh.

Selain itu, sebanyak 100 personel dari TNI dan 1.306 anggota Linmas juga disiagakan. Dari Polres Kerinci sendiri disiagakan sebanyak 438 personel, yang terdiri atas pasukan Brimob 30 personel, Polda Jambi 67 personel.

Pemilu Kada Kota Sungai Penuh diikuti sebanyak 7 pasang calon, No 1 Asafri Jaya Bakri – Ardinal Salim (Demokrat, PKS dan Golkar), No 2. Dahnil Miftah – Yos Adriano, No 3 Hasvia – Amrizal Jufri (PAN, PDI-P, dan PKPB), No 4 Ahmadi Zubir – Mushar Azhari (Partai gurem), No 5 Zubir Mukhtar – Zamzami (PDP, PKP dan PBR), No 6 Zulhelmi – Novizon (Jalur Independent) dan No 7 Syafriadi – Nasrun Farud.

Jumlah mata pilih sebanyak 66.679 pemilih orang yang tersebar di 5 Kecamatan, yaitu Kecamatan Hamparan Rawang terdapat 10.562 mata pilih dengan jumlah TPS sebanyak 26 TPS.

Kecamatan Kumun Debai sebanyak 7.564 mata pilih dengan jumlah TPS sebanyak 18 TPS. Kecamatan Pesisir Bukit terdapat sekitar 14.552 Mata pilih yang akan melakukan pemilihan di 33 TPS.

Untuk Kecamatan Kota Sungai Penuh dengan jumlah TPS paling banyak yakni 56 TPS untuk 25.894 mata pilih dan Kecamatan Tanah Kampung dengan jumlah mata pilih 8.101, jumlah TPS sebanyak 19 TPS. ruk

Tidak ada komentar: