Senin, 20 Desember 2010

Desa Pulau Raman Pelopor Mandiri Pangan

Jambi, BATAKPOS

Desa Pulau Raman, Kecamatan Muara Siau, Kabupaten Marangin, Jambi keluar sebagai pemenang I Lomba Katahanan Pangan Tingkat Provinsi Jambi tahun 2010. Desa tersebut dinobatkan sebagai pelopor mandiri pangan.

Desa Pulau Raman mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah yang diserahkan Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Fachrori Umr, M.Hum pada Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-30 dan Hari Nusantara ke 11 tingkat Provinsi Jambi, bertempat di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Jum’at (17/12).

Sedangkan para pemenang lainnya, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jambi No.369/Kep.Gub/BKPKP/2010 tanggal 22 Oktober 2010, yakni Desa Simpang Babeko, Kabupaten Bungo, Desa Auran Batang Tebo, Desa Muara Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota, Desa Bram Itam Kiri, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Drs. H. Fachrori Umr, M.Hum, mengatakan, bahwa uapaya pencapaian swasembada padi/beras, jagung, kedelai, gula dan daging pada tahun 2014 secara bersamaan, merupakan kerja keras yang membutuhkan koordinasi dan kerjasama serta kebersamaan yangbaik antar pelaku pembangunan.

“Perlu dipahami bahwa upaya pencapaian swasembada ini bukan berarti kita meninggalkan perhatian terhadap komoditas lainnya. Akan tetapi secara bersamaan dan simultan tetap menjadi perhatian bersama dalam pembangunan,”katanya.

Terlebih lagi di era globalisasi dan persaingan saat ini, menuntut untuk terus berfikir kreaktif, inovatif dan visior. Selain itu pemenang desa mandiri pangan, pada kesempatan ini juga disampaikan penghargaan kepada para petani teladan dan penyuluh teladan.

Keluar sebagai petani teladan tahun 2010 tingkat Provinsi Jambi ; peringkat I Triyono, AMd dari kabupaten Kerinci, peringkat II Handayani, SP, dari Kota Sungai Penuh, dan peringkat III Ali Amsyah dari Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Sedangkan keluar sebagai penyuluh teladan masing-masing : pemenang I Sairun, AMd dari Kabupaten Bungo, pemenang II Nurbasnelly, SP dari Kota Jambi, dan Suharno dari Kabupaten Muaro Jambi. ruk

Tidak ada komentar: