Jumat, 19 November 2010

Kepedulian Kepada Sekolah Nomensen Jambi Dijubileum 50 Tahun

Peluncuran Buku Pdt Bernard T.P Siagian, MTh Sukses

Jambi, BATAKPOS

Acara kebaktian syukur Jubileum 50 tahun emas (12 Oktober 1960-12 Oktober 2010)
Pdt Bernard T.P Siagian, MTh (Melayanai di Resort HKBP Jambi) sekaligus peluncuran tiga judul buku yang berjudul “Komunitas Iman dan Ibadah”, “Ekklesiologi di Masyarakat Pluralis” dan “Aura Musik dan Tahta Sang Pencipta” di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kotabaru Jambi, Jumat (12/11) malam berlangsung sukses dan meriah .
Tiga Buku Pdt Bernard T.P Siagian, MTh. Foto Rosenman Manihuruk (batakpos).

Peluncuran tiga judul buka yang mengambil Thema “Menuju HKBP Inklusif dan Misioner” ini dihadiri ribuan undangan. Selain itu juga dihadiri Kadep Diakonia HKBP, Pdt Nelson Siregar STh, Dr M.P Ambarita (Penggagas Program CUM HKBP), Pdt Bonar L Tobing MTh, Praeses HKBP Distrik XXV Jambi, Pdt David F Sibuea MTh.

Acara peluncuran buku untuk mengetuk hati jemaat untuk peduli terhadap Sekolah Nomensen Jambi (BATAKPOS Kamis 11/11/10-Hal 13), juga dihibur oleh artis Indonesia Idol Danar dan Sisi dan Rea ULX Band, Reno Mus Mujiono, Ronal “Java Jazz”. Tidak ketinggalan juga paduan suara Jubilate HKBP Distrik XXV Jambi dan Paduan Suara SMP-SMA Nomensen Jambi asuhan Bp Manalu.

Kebaktian ibadah syukur berjalan hikmat dan tertib. Kotbah disampaikan Pdt Pdt Bonar L Tobing MTh dengan nats Mat 28 : 16-20 (“Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku”), doa syafaat oleh Dr M.P Ambarita. Acara pencarian sumbangan kasih untuk kemajuan Sekolah Nomensen Jambi malam itu melalui hadiah buku mencapai Ratusan Juta Rupiah.

Pdt Bonar L Tobing MTh mengatakan, Pdt BTP Siagian MTh mempunyai perhatian khusus terhadap Sekolah Nomensen Jambi. Pengalaman Pdt BTP Siagian di Salib Kasih Tarutung menjadi bukti komitmen dalam pelayanan khususnya bidang pendidikan di HKBP.

Jejak misionaris Nomensen telah tertanam pada diri Pdt BTP Siagian hingga kini. Prinsip yang diajarkan Misionaris H.L Nomensen harus nyata ditengah masyarakat, salah satunya melalui pendidikan yayasan Nomensen HKBP.

Dikatakan, kini HKBP Pusat hanya memiliki 31 sekolah dari 650 sekolah Yayasan Nomensen HKBP sebelumnya. Namun dengan perjuangan HKBP saat ini kembali sudah naik menjadi 120 sekolah dibawah Yayasan Nomensen HKBP Pusat.

“Yang paling miris di Sumatera Utara ada satu distrik HKBP sekolah Yayasan Nomensen HKBP seluruhnya tutup dan dilebur jadi sekolah negeri. Ini tanda kepedulian gereja untuk pendidikan sudah luntur atau minus. Padahal Misionaris H.L Nomensen menebarkan injil melalui pendidikan dengan mendirikan sekolah-sekolah,”katanya.

Menurut Pdt Bonar L Tobing MTh, selama masih ada Baptisan di gereja, jemaat bertanggung jawab untuk sekolah sehingga lahir manusia yang terdidik dalam iman.

Dengan kutipan Firman Tuhan “Celakalah aku jika aku tidak mengabarkan injil” sebagai kata kunci dalam peningkatan perhatian gereja terhadap pendidikan.


Secara terpisah, Pdt Nelson Siregar STh, Dr M.P Ambarita, Pdt David F Sibuea MTh mengatakan, perhatian terhadap SMP-SMA Nomensen Jambi oleh HKBP Jambi harus ditingkatkan secara berkesinambungan. Sekolah Nomensen Jambi harus menjadi kebanggaan masyarakat Batak di Jambi dan masyarakat sekitar.

“Sepanjang pengetahuan saya kenal beliau Pdt BTP Siagian, adalah salah seorang Pendeta HKBP yang memiliki karakter, integritas dan keberanian yang khas dirinya. Saya juga sangat bangga seandainya ia masih diberi Tuhan menjadi kekuatan baru dalam arak-arakan merajut HKBP yang inklusif kedepan ini,”kata Pdt Nelson Siregar STh.

Menurut Pdt David F Sibuea MTh, Pdt Bernard Siagian memaknai perjalanan hidupnya yang sudah 50 tahun berjalan mempunyai arti dan makna bagi umat HKBP dan masyarakat, secara khusus kepada para pelayan gereja, hamba-hamba Tuhan.

“Saya sebagai Praeses HKBP Distrik XXV Jambi menyambut baik dan mengucapkan selamat dan sukses bagi saudaraku sesame hamba Tuhan yang punya cita-cita dan komitmen dan kepedulian terhadap HBKP,”kata Pdt David F Sibuea.

Disebutkan, selama ini perhatian HKBP Jambi untuk Sekolah Nomensen Jambi belum membanggakan. Pengurus Yayasan Nomensen HKBP Jambi sebelumnya belum proaktif dalam memajukan sekolah tersebut dan komunikasi antar yayasan dengan HKBP Jambi minim.

Pdt Bernard Siagian MTh juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak pada peluncuran buku tersebut. Dirinya juga sangat berterimakasih kepada istri tercinta br Hutauruk yang setia dan mendukung pelayanannya.

“Istri saya ini harus rela menjadi istri “kedua” karena istri pertama saya adalah pelayanan dalam gereja. Istri saya yang setia mendukung pelayanan dalam gereja dengan tulus. Saya juga lebih bangga jadi “kacung” di HKBP daripada jadi tuan di pelayanan lain. Saya tetap berkomitmen untuk berbuat demi majunya HKBP khususnya bidang pendidikannya,”katanya.

Kepala Sekolah SMP Nomensen Jambi, P Lumbantoruan S.Pd didampingi Kepala Sekolah SMA Nomensen Jambi, P Pardosi SPd,MBA dan Ketua Yayasan Nomensen HKBP Jambi, Drs Andipenta Purba M Hum, M Div mengatakan, perhatian HKBP Jambi masih dalam bentuk pelayanan acara kebaktian setiap hari Kamis dan dukungan dalam bentuk doa.

Sekolah berharap perlu peningkatan perhatian dalam bentuk dukungan dana. Karena pihaknya melihat potensi umat HKBP mampu untuk dukungan dana tersebut. Umat HKBP Jambi masih ada yang peduli untuk peningkatan kualitas layanan proses pembelajaran di SMP-SMA Nomensen Jambi.

“Pimpinan HKBP Jambi tinggal membuka saluran yang resmi untuk Sekolah Nomensen Jambi. Dukungan dana sangat dibutuhkan untuk memperkuat komponen-komponen sekolah sebagai system dalam suatu struktur organisasi penyelenggara pendidikan seperti keberadaan guru tetap,”kata P Lumbantoruan yang kini tengah menyusun Thesis di MTP Unja ini.

Menurut P Lumbantoruan S.Pd dan P Pardosi SPd,MBA, dengan peluncuran buku ucapan syukur Jubileum 50 Tahun Pdt BTP Siagian MTh, kerinduan pihak sekolah mulai terjawab. Selaku keluarga besar SMP-SMA Nomensen Jambi mengucapkan atas suksesnya peluncuran buku tersebut dan Pdt BTP Siagian MTh dan tetap setia dalam pelayanan.

Ketua Yayasan Nomensen HKBP Jambi, Drs Andipenta Purba M Hum, M Div mengatakan, dengan kepengurusan yayasan yang baru, pihaknya akan mengintefsifkan komunikasi dengan Parhalado HKBP Jambi serta Pimpinan HKBP Jambi.

“Selama ini komunikasi antara pengelola yayasan dengan pihak Gereja HKBP Jambi terputus. Sebelumnya pembentukan sekolah Nomensen Jambi adalah kesepakatan jemaat dan pimpinan HKBP Jambi. Saya selaku ketua yayasan yang baru akan melakukan perbaikan,”kata Dosen FKIP Universitas Jambi yang juga kandidat Doktor Ilmu Sosial ini.

Pihak pengelola yayasan akan menyakinkan Parhalado dan warga jemaat HKBP Jambi akan pentingnya dukungan terhadap keberadaan Sekolah Nomensen Jambi. Manajemen Sekolah Nomensen Jambi juga akan dibenahi sehingga dapat menjamin peningkatan dunia pendidikan. Rosenman manihuruk

Pdt Bernard T.P Siagian, MTh bersama istri br Hutauruk. Foto-foto batakpos/rosenman manihuruk.

Pdt Bernard T.P Siagian, MTh bersama istri br Hutauruk (kekiri) Ketua Yayasan Drs Andipenta Purba M Hum, M Div, Kepala Sekolah SMA Nomensen Jambi, P Pardosi SPd,MBA dan Kepala Sekolah SMP Nomensen Jambi, P Lumbantoruan S.Pd, saat peluncuran buku di HKBP Jambi, Jumat (12/11).

Ketua Yayasan Nomensen HKBP Jambi, Drs Andipenta Purba didampingi Pdt Bernard T.P Siagian, MTh (paling kanan) saat memberikan secara simbolis buku kepada Pdt Nelson Siregar STh dan Pdt David F Sibuea MTh.

Paduan Suara Siswa SMP-SMA Nomensen Jambi.

. Foto bersama (kiri kekanan) Pdt Bernard T.P Siagian, Pdt David F Sibuea MTh, Pdt Nelson Siregar STh, Pdt Bonar L Tobing MTh dan Pendeta Resort HKBP Jambi.


Pemberian buku kepada mewakili undangan.

Artis Indonesia Idol Danar dan Sisi dan Rea ULX Band, Reno Mus Mujiono, Ronal “Java Jazz”.

Ribuan Jemaat yang hadir pada ibadah syukur Jubileum 50 Tahun Pdt Bernard T.P Siagian MTh sekaligus peluncuran tiga judul buku di HKBP Kotabaru Jambi, Jumat (12/11) malam. Foto batakpos/rosenman manihuruk

Kel Siagian/br Panjaitan.
Kel J Siagian (Kepala BRI Cabang Jambi)

Pdt Nelson Siregar STh
Dr M.P Ambarita

(Berita Diatas Sudah Naik di HU BATAKPOS EDISI CETAK SENIN 15 NOPEMBER 2010 HALAMAN 13). Tulisan dan foto-foto dilindungi hak cipta. Jika ada yang mengutip atau mengcopy foto mohon ijin kepada ROSENMAN MANIHURUK HP 0812 7477587. Atau Email : saragihrosen@yahoo.com.

Tidak ada komentar: