Selasa, 23 November 2010

Gubernur Jambi Sampaikan Visi Jambi di Kampus IPDN Jatinagor

Sumedang, BATAKPOS

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus menyampaikan kuliah umum kepada para praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang bertajuk “Dimensi Kepemimpinan Menuju Jambi Emas 2015” di Balairung Rudini Kampus IPDN Jatingangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (20/11).

Gubernur Jambi menceritakan secara singkat pengalaman karirnya di dunia birokrasi, khususnya sebagai alumni Akademi Pemerintahan Dalam Negeri, sekarang menjadi IPDN.

“Belum hilang dari ingatan saya, bagaimana pengalaman saya yang memulai karir di Birokrasi setelah menyelesaikan kuliah di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri, yang kini menjadi IPDN. Sulitnya saya bertugas di kantor lurah dan menghadapi berbagai karakter masyarakat dengan latar belakang yang berbeda. Kemudian meningkat menjadi sekretaris kecamatan, menjadi Camat, Asisten, Sekda, menjadi Bupati sampai menjadi Gubernur Jambi saat ini,”katanya.

Disebutkan, pengalamannya sebagai motivasi semangat para praja agar mau kerja keras dan belajar sungguh-sungguh dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan sehingga apa yang dicita-citakan dapat tercapai.

Empat kunci sukses yang diberikan HBA, yakni pertama, memiliki kemauan yang keras dalam bekerja dan belajar, kedua, memegang prinsip untuk tidak cepat puas dengan hasil yang telah dicapai saat ini, ketiga, bersifat empathy (peduli terhadap lingkungan sekitar), dan keempat, seorang pemimpin yang sukses adalah jangan memiliki sifat dendam.

Menurut HBA, beberapa permasalahan yang perlu mendapat perhatian serius dalam pembangunan Provinsi Jambi antara lain, terbatasnya sarana dan prasarana infrastruktur, belum optimalnya pemanfaatan sumberdaya alam, belum meratanya pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

Kemudian belum tumbuhnya agro industri, angka pengangguran dan jumlah penduduk miskin, belum optimalnya sinergisitas percepatan pembangunan daerah.

Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pembangunan maka visi Pembangunan Provinsi Jambi yang dirumuskan adalah “Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera” atau Jambi Emas 2015.

Dalam upaya untuk mewujudkan visi tersebut, ada misi tujuan yakni, meningkatkan kualitas dan ketersediaan infrastruktur pelayanan umum, meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, kehidupan beragama dan Berbudaya.

Selanjutnya, meningkatkan perekonomian daerah dan pendapatan masyarakat berbasis Agribisnis dan Agroindustri, meningkatkan Pengelolaan Sumberdaya Alam yang Optimal dan Berwawasan Lingkungan, meningkatkan Tata kelola Pemerintahan yang baik, Jaminan Kepastian dan Perlindungan Hukum serta Kesetaraan Gender.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Jambi memberikan sumbangan berupa 3 (tiga) unit laptop untuk mendukung kegiatan perkuliahan di Kampus IPDN.

Kuliah umum oleh Gubernur Jambi kepada Praja IPDN turut dihadiri oleh Guru Besar IPDN, Prof.Erliana Hasan beserta staf di jajaran Kampus IPDN, Asisten III, Kepala BKD, Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Jambi, serta Praja IPDN dari masing-masing tingkatan. Ruk
Pin Kehormatan : Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus mendapatkan pin kehormatan IPDN dari Rektor IPDN di Kampus IPDN Jatingangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (20/11).





Kuliah Umum : Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus saat memberikan kuliah umum di Kampus IPDN Jatingangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (20/11).

Tidak ada komentar: