Rabu, 20 Oktober 2010

Warga Muarojambi Temukan Benda Peninggalan Jaman Kuno

Jambi, BATAKPOS

Saman, seorang warga Desa Sogo, RT 02, Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi, Jambi menemukan benda peninggalan Jaman kuno berupa keramik yang diperkirakan dibuat pada abad ke tujuh belas/ atau pada masa dinasti Ming dan dinasti Cing.

Keramik-kemarik kuno tersebut ditemukan petani saat hendak menggali lubang untuk ditanami bibit pohon duku, dari tiga keranjang keramik yang berhasil diangkat diperkirakan berbagai macam bentuk keramik seperti mangkuk/ piring/ cepuk/ dan cangkir tersebut berasal dari China.

Menurut cerita Saman, Selasa (19/10) kepada wartawan, dirinya awalnya ingin memindahkan batang pohon duku yang tumbuh berdekatan untuk dipindahkan ke lubang lainnya.

Saat menggali tanah sedalam kurang lebih dua puluh lima centimeter, dirinya menemukan pecahan keramik dan karena penasaran, maka ia pun langsung menggali keliling dan mengangkat pohon duku dan ternyata dia menemukan tumpukan keramik.

Disebutkan, setiap hari ada saja orang yang ingin melihat keramik kuno tersebut dan pernah ada yang menawarnya, namun masih ditolak Saman. Rencananya, Saman akan menyerahkan benda kuno tersebut kepada Balai Pelestarian Peninggalan Purba Kala (BP3) Jambi dengan syarat harus diberi uang lelah.

Kepala BP3 Jambi, Drs Wiston Sam Dauglas Mambo mengatakan, menyikapi hal itu pihak BP3 Jambi sendiri tak berkeberatan untuk memberi uang lelah karena memang ada harga imbal jasa sesuai Undang-undang Nomor 5 Tahun 1992.

Disebutkan, pihak BP3 sendiri akan membawa beberapa contoh keramik untuk diteliti, supaya diketahui asal usul keramik tersebut. Pihaknya juga meminta kepada warga untuk tidak menjual peninggalan sejarah yang ditemukan. ruk

Tidak ada komentar: