Jumat, 24 September 2010

Provinsi Jambi Bangun Kawasan Pertanian Terpadu di Merangin


Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2011 akan membangun sentra kawasan pertanian terpadu khususnya holtikultura di Desa Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. APBD Provinsi Jambi dan APBN 2010 akan dikucurkan kesana guna membangun sentra pertanian terpadu tersebut.

Demikian dikatakan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) kepada BATAKPOS di Jambi, Selasa (21/9). Menurutnya, secara khusus untuk percepatan pertumbuhan sentra produksi pertanian, khususnya tananaman pangan dan holtikultura mulai tahun 2011 melalui dana APBD dan APBN Pemerintah Provinsi Jambi merencanakan membuat percontohan Kawasan Pertanian Terpadu Lembah Masurai di Kabupaten Merangin.

“Sehingga diharapkan kedepan akan tumbuh kawasan-kawasan pertanian terpadu lainnya di setiap kabupaten. Sejalan dengan ini kebijakan penanganan pembangunan ruas jalan Simpang Pulau Rengas – Jangkat menjadi prioritas guna mendukung pembangunan kawasan pertanian industri dimaksud,”katanya.

Menurut HBA, dibidang pertanian program dan kegiatan yang dilakukan, memeperkuat peran BBI dan penangkar benih masyarakat sebagai produsen bibit pertanian berkualitas.

Sehingga memperkuat pengawasan peredaran benih, sertifikasi benih, revitalisasi kelembagaan dan penyuluhan pertanian, pengadaan alat mesin pertanian, bantuan bibit karet, bantuan ternak, pembangunan infrastruktur pedesaan serta upaya meningkatkan nilai tambah berupa pengolahan dan fasilitasi pemasaran produk pertanian. ruk

Tidak ada komentar: