Jumat, 24 September 2010

Program Rp 1 Miliar Satu Kecamatan Pacu Pertumbuhan Ekonomi Jambi

Jambi, BATAKPOS

Program Rp 1 miliar satu kecamatan (SAMISAKE) di Provinsi Jambi akan memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Pemprov Jambi telah merancang 10 kegiatan guna merealisasikan program SAMISAKE tersebut.

Guna mengakomodasi program dan kegiatan yang telah dicanangkan yakni program satu milyar satu kecamatan atau “SAMISAKE”, telah dirancang 10 kegiatan yang akan diarahkan untuk semua kecamatan yang berjumlah 131 kecamatan di Provinsi Jambi.

Disebutkan, dana yang dibutuhkan sebesar Rp131 milyar. Menigingat keterbatasan kemampuan keuangan daerah serta mempertimbangkan kebutuhan yang bersifat prioritas pada bidang infrastruktur, maka alokasi anggaran untuk program ini baru dapat dialokasikan sebesar Rp102,800 milyar, sedangkan kekurangannya sebesar Rp 28,800 milyar akan diupayakan pelibatan pihak swasta melalui dana Corporate Social Responcibility (CSR).

Kemudian ditambah insentif petugas penyuluh lapangan (PPL), honor pendamping tenaga penggerak pembangunan kecamatan (SP2K) yang akan mendampingi dalam pelaksanaan program ini di kecamatan serta beberapa kegiatan yang disesuaikan dengan usulan kecamatan yang telah disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jambi.

Guna mensingronkan program Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, khsusunya dalam implementasi program SAMASIKE ini, Gubernur Jambi akan membuat Surat Edaran kepada para Bupati/Walikota untuk mendukung dan menganggarkan di dalam APBD Kabupaten/Kota di luar yang satu milyar Rupiah yang telah dianggarkan di Provinsi Jambi.

Sehingga akselerasi pelaksanaan program pembangunan menuju Jambi EMAS dapat terwujud. Sedangkan salah satu kegiatan yang perlu mendapat dukungan pemerintah Kabupaten/Kota adalah program bedah rumah di luar jumlah 5.000 unit pertahun yang telah dianggarkan Pemerintah Provinsi Jambi.

Demikian dijelaskan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) kepada BATAKPOS di Jambi, Selasa (21/9). ruk

Tidak ada komentar: