Kamis, 16 September 2010

Gubernur Minta Kebun Binatang Taman Rimba Disolek

Jelang Liburan Idul Fitri

Jambi, BATAKPOS

Jelang liburan Hari Raya Idul Fitri 1431 H/2010 M, Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) meminta UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah) dibawah Dinas Peternakan Provinsi Jambi agar Kebun Binatang Taman Rimba Jambi disolek. UPTD itu juga diminta untuk membenahi sarana dan prasarana kebun binatang itu guna menarik minat wisatawan.

Hal tersebut dikatakan Hasan Basri Agus saat meninjau Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, Selasa (7/9). HBA turut didampingi Ketua DPRD Provinsi Jambi, Effendi Hatta, Walikota Jambi, dr. R. Bambang Priyanto, Kapolda Jambi, Bambang, beberapa Asisten Setda dan beberapa kepala SKPD Pemerintah Provinsi Jambi.

HBA bersama rombongan kini di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi melihat berbagai satwa, antara lain sepasang Harimau Sumatera yang telah menghuni kebun binatang Jambi sejak ulang tahun Jambi pada 6 Januari 2010 yang lalu, yang didatangkan dari Kebun Binatang Ragunan, Jakarta.

Sepasang Harimau Sumatera tersebut bernama Piter untuk yang jantan dengan umur 4,5 tahun dan yang betina bernama Uni (berumur 6,5 tahun). Gubernur dan rombongan juga melihat Yanti, gajah yang telah berumur 28 tahun dan sempat memberikan beberapa buah pisang untuk gajah itu. Selain itu, gubernur juga melihat satwa lain, yaitu buaya, beruang, ular, dan beberapa jenis burung.

HBA menyatakan bahwa satu-satunya kebun binatang di Jambi ini selama ini atau sebelumnya memang kurang terurus, tidak terurus dengan baik, namun setelah menjadi UPTD dibawah Dinas Peternakan Jambi, alhamdulillah sudah semakin terurus dan mengalami perkembangan yang lebih baik.

“Pengembangan dan pengelolaan kebun binatang ini akan terus ditingkatkan kedepan. Koleksi satwanya juga semakin ditambah, seperti mendatangkan Burung Air dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Mungkin, luasannya yang perlu ditambah lagi,”katanya.

Gubernur Jambi meminta para pengurus kebun binatang ini benar-benar menekuni pekerjaannya, ada rasa memiliki dan menyayangi kebun binatang tersebut, karena apabila ada rasa memiliki dan menyayangi kebun binatang dari para pengurusnya, insya Allah kebun binatang itu akan berkembang dengan baik.

“Pemerintah akan men-support, apalagi pihak pengurus kebun binatang sudah menjalin kerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank Jambi, yakni dengan pemberian bantuan dari Bank Jambi, berupa kandang burung,”katanya.

Gubernur juga berharap agar pihak swasta juga berkontribusi dalam pengelolaan dan pengembangan kebun binatang ini, karena kebun binatang ini untuk kepentingan bersama, untuk anak-anak, terutama untuk generasi berikutnya. ruk

Tidak ada komentar: