Selasa, 24 Agustus 2010

Pemprov Jambi Siap Bantu Petani dan Peternak

Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mengaku siap membantu peningkatan kesejahteraan petani dan peternak di Provinsi Jambi. Kesiapan tersebut dinyatakan dalam target pembangunan yang berkaitan dengan swasembada beras, pangan dan daging.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Jambi Drs Hasan Basri Agus (HBA) pada peringatan Hari Krida Pertanian ke-38 Provinsi Jambi, di arena eks MTQ, Taman Rimba, Jambi, Sabtu (7/8). Menurut HBA, Pemprov Jambi akan membantu petani yang bekerja menyiapkan bahan makanan dan menghidupkan ekonomi rakyat.

Disebutkan, pihaknya membuat target pembangunan bidang pertanian dan peternakan di Provinsi Jambi dua tahun kedepan bias swasembada. Gubernur Jambi juga akan membentuk tim, melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk LSM.

Menteri Pertanian, Suswono, dalam sambutan tertulis yang dibacakan HBA, mengatakan, fenomena perubahan iklim global, perubahan iklim membuat siklus musim harus disesuaikan lagi sebagai pedoman waktu untuk kegiatan pertanian.

“Para petani jangan memaksa menanam komoditas tertentu jika musim kurang mendukung. Para peneliti di kementerian pertanian terus berupaya mendapatkan varietas tanaman tahan terhadap perubahan lingkungan yang ekstrem, seperti tahan genangan air, tahan kekeringan dan tahan hama untuk menguragi tingkat kerugian petani,”katanya.

Ketua Panitia Hari Krida Pertanian (HKP) ke-38 Tingkat Provinsi Jambi, Ir. H. Tagor Mulia Nasution, MM., menjelaskan tujuan penyelengaraan HKP di Provinsi Jambi yang dititikberatkan pada upaya melestarikan nilai-nilai luhur dan kearifan budaya lokal dalam melaksanakan kegiatan pertanian.

Pameran dan lomba-lomba yang diselenggarakan dalam rangka HKP ke-38 ini bertujuan untuk menggelorakan semangat dan menumbuhkembangkan budaya agraris dan agar kegiatan pertanian menjadi salah satu kebanggaan masyarakat dalam rangka upaya membangun ekonomi nasional yang maju, mandiri dan sejahtera.

Menurut Kepala Dinas Perkebunan ini, lomba dan pameran ini diikuti sekitar 1500 peserta yang terdiri dari pembina, pembimbing, petani dan peternak, swasta, siswa-siswi, litbang dari lingkup Provinsi Jambi, dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi. Materi-materi yang dipamerkan antara lain, gelar teknologi pertanian, produk-produk hasil pertanian, dan produk-produk olahan hasil pertanian. Lomba-lomba meliputi, lomba asah terampil, lomba tandan buah segar kelapa sawit, lomba menangkap belut, lomba ternak (sapi, kambing, ayam, itik), lomba stand pameran, lomba bokar bersih dan kegiatan olahraga. ruk

Tidak ada komentar: