Kamis, 25 Maret 2010

Sekda Provinsi Jambi : PNS Jangan Jadi “Umpan Peluru” Cagub

Jambi, BATAKPOS

Sekda Provinsi Jambi AM Firdaus menegaskan kalau Pegawai Negeri Sipil (PNS) kini marak jadi “umpan peluru” para kandidat calon gubernur Jambi pada Pilkada 19 Juni 2010 mendatang. Empat cagub yang kini menjabat bupati aktif diduga menjadikan PNS sebagai “mesin” pengerahan massa demi mempertaruhkan jabatan.

“Sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, Pemilukada akan dilaksanakan 19 Juni 2010 mendatang. Saya minta PNS di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi agar tetap menjaga netralitas,”kata AM Firdaus Senin (22/03) saat menjadi pembina upacara di lingkungan Kantor Gubernur Jambi.

Libatkan PNS : Calon Gubernur Jambi, H Safrial Siregar yang kini menjabat Bupati Tanjung Jabung Barat ikut memperkenalkan staf PNS di Lingkungan Pemkab Tanjabar yang ikut menjadi tim suksesnya di Pesta Bona Taon Sinaga Kota Jambi Februari lalu. Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Menurutnya, tahapan-tahapan Pemilukada saat ini telah dimulai, sehubungan dengan itu selaku PNS diminta untuk tidak ikut-ikutan menjadi tim sukses dari masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, namun harus tetap ikut mensukseskan penyelenggaraan Pemilukada tersebut.

“Karena bila sampai kedapatan ada PNS yang ikut menjadi tim sukses, apalagi sampai menjadi laporan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), maka kepada yang bersangkutan akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,”katanya.

Penelusuran BATAKPOS menunjukkan, sejumlah calon gubernur mengerahkan staf di lingkungan pemerintahannya untuk mengerahkan massa saat deklarasi pengusungan pasangan calon.

Seperti calon Wakil Gubernur Jambi, Abdulah Hich (Bupati Tanjabtim) yang berpasangan dengan Madjid Muaz (Bupati Tebo) diketahui melibatkan stafnya untuk pengerahan massa.

“Ada abang PNS di Pemkab Tanjabtim meminta saya untuk mengumpulkan massa sekitar 20 orang. Katanya dari pada bawa massa dari Tanjabtim, biayanya mahal, jadi saya disuruh mencari massa 20 orang. Karena PNS di Tanjabtim dikerahkan untuk mengumpulkan massa,”kata Sarman Naimbaton kepada BATAKPOS, Senin (2/3).

Kemudian calon gubernur dari PDIP Safrial Siregar (Bupati Tanjabar) juga melibatkan langsung para stafnya untuk ikut kampanye. Khususnya pada acara-acara pesta awal tahun marga-marga Batak di Jambi, PNS batak ikut jadi tim sukses langsung. ruk

Tidak ada komentar: