Senin, 01 Maret 2010

Jembatan Batanghari II Jambi Diresmikan Wakil Presiden

Jambi, BATAKPOS

Jembatan Batanghari II Jambi secara simbolis diresmikan Wakil Presiden (Wapres) Boediono di Jakarta, Senin (22/2). Peresmian jembatan yang menghubungkan antara Kota Jambi dengan wilayah Timur Provinsi Jambi itu bersamaan dengan peresmian beberapa proyek infrastrutur Kementerian Pekerjaan Umum lainnya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Ir Bernhard Panjaitan MM kepada BATAKPOS di Jambi, Rabu (24/2) mengatakan, Jembatan Batanghari II dibangun Departemen PU bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi ini merupakan sarana pendukung transportasi ke wilayah timur Provinsi Jambi.
Ikon Jambi : Jembatan Batanghari II yang panjangnya mencapai 1.351.4 meter dengan lebar 9 menjadi ikon Provinsi Jambi kedepan.

Disebutkan, Jembatan Batanghari II Jambi yang terletak di wilayah Sijenjang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi merupakan jawaban untuk membuka akses keterisolasian wilayah timur Provinsi Jambi. Masyarakat Provinsi Jambi sudah lama mengidam-idamkan realisasi pembangunan jembatan ini. Jembatan Batanghari II juga akan menjadi ikon Provinsi Jambi.

Menurut Bernhard, pembangunan jembatan itu dimulai sejak Tahun Anggaran (TA) 2003 hingga tahun 2009 yang menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 165 miliar. Sumber dana dari TA APBN, APBD Provinsi Jambi dan APBD Kota Jambi, APBD Tanjabtim dan APBD Muarojambi.

Disebutkan, selama ini wilayah Timur Jambi kurang maksimal mendongkrak perekonomian rakyat karena sarana infrastruktur jalan dan jembatan masih minim. Dibangunnya jembatan Batanghari II diharapkan mewujudkan impian masyarakat Provinsi Jambi, khususnya wilayah Timur untuk meningkatkan perekonomian.

Disebutkan, pembangunan jembatan dengan total panjang 1.351,4 meter, lebar 9 meter itu, kini sudah rampung. Namun yang belum selesai yakni pengaspalan jalan dan pemasangan lampu jembatan.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pembangunan Jalan dan Jembatan PU Provinsi Jambi Ir Erwin H Pakpahan MM, menambahkan, pihaknya bangga atas diresmikannya Jembatan Batanghari II tersebut.

Disebutkan, keberadan jembatan Batanghari II juga direncanakan menjadi jalan negara jalur Lintas Timur Sumatera. Jembatan batanghari II akan mengurangi beban transportasi di Jembatan Aurduri yang sudah tua. Akses Jembatan Batanghari II nantinya menjadi jalur utama Lintas Timur Sumatera Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: