Sabtu, 13 Maret 2010

Gubernur Siap Pertemukan Bakal Calon Gubernur Jambi

Jelang Pilkada Jambi

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin siap mempertemukan para bakal calon gubernur yang akan bertarung di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang akan berlangsung pada 19 Juni 2010. Gubernur Jambi berencana pertemuan ini digelar dengan tujuan untuk meminta komitmen dari para bakal calon gubernur untuk melaksanakan Pemilukada Gubernur Jambi Periode 2010-2015 secara jujur, adil dan aman, damai serta berkualitas.

“Saya siap bertemu dengan para bakal calon gubernur secara pribadi dengan tujuan untuk meminta komitmen tentang pelaksanaan Pemilukada agar berlangsung dengan jujur, adil dan aman,”kata Zulkifli Nurdin ketika menghadiri Konsultasi Publik Isu Strategis Penyempurnaan Pengaturan Pemilihan Kepala Daerah Regional I bertempat di Abadi Convention Center , Selasa(2/3).

Disebutkan, dirinya juga menekankan kepada semua kandidat gubernur bahwa jabatan Gubernur itu merupakan sebuah amanah tanggungjawab untuk membangun Provinsi Jambi yang dicita-citakan yaitu Jambi Maju, Mampu dan Mandiri.

Gubernur Jambi juga meminta penyelenggara Pemilukada Gubernur Jambi agar memperhatikan sembilan hal yang menjadi sorotan public. Seperti Daftar Pemilih Tetap (DPT), Proses Pencalonan, Pelanggaran pencalonan, persyaratan calon, netralitas KPUD dan Panwaslu, serta pembuktian money politik, manipulasi rekap perhitungan suara.

Setidaknya muncul tiga nama yang sudah mendeklarasikan diri maju di Pemilukada Gubernur Jambi Periode 2010-2015 mendatang. Mereka adalah Hasan Basri Agus (Bupati Sarolangun), Zulfikar Achmad (Bupati Bungo) dan Madjid Mu’az (Bupati Tebo).

Hadir pada Konsultasi Publik Isu Strategis Penyempurnaan Pengaturan Pemilihan Kepala Daerah Regional I di Jambi, Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Dr.Drs. Sondjuangon Situmorang, Msi dan pejabat Direktorat Jenderal Otonomi Daerah diantaranya Dr.Ir. Sapto Supeno, Msi.

Kemudian narasumber dari akademisi serta pakar hukum yaitu Prof. Dr. Muchlis Hamdi, Ph.D, Dr. J. Kristiadi, Dr. Hyronimus Roa, Dr .Fitra Arsil,Sh,MH, Drs. Ujang Sudiran, MM, Dr. Bambang Purwoko.

Sedangkan peserta yang hadir berasal dari Kalangan akademisi, DPR dan DPRD, serta KPUD, Kesbangpol, LSM dari Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Aceh, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung,Riau dan Banten, seluruh Unsur Muspida Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: