Rabu, 31 Maret 2010

Gubernur Jambi Minta Sara Jangan Obyek Politik

Pilgub Jambi

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin meminta tim sukses empat pasangan calon Gubernur Jambi Periode 2010-2015 agar jangan menjadikan Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA) jadi obyek politik Pilkada. Dirinya meminta agar masyarakat Provinsi Jambi yang majemuk tetap aman dan damai hidup berdampingan.

Peryataan itu dikatakan Zulkifli Nurdin menjawab BATAKPOS saat menghadiri deklarasi pasangan cagub Safrial M Siregar-Agus Setyonogoro di Gedung Olah Seni (GOS) Kotabaru Jambi, Rabu (24/3).

Mengingat pasangan cagub yang diusung partai koalisi PDI-P, Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) RepubliKan, Partai Barisan Nasional, dan PKPB adalah etnis Batak-Jawa, Gubernur Jambi meminta agar tidak terjadi pengkotakan etnis di Provinsi Jambi.

“Kita mengatahui kalau pasangan ini merupakan etnis Batak dan Jawa. Jadi jangan ada tendensi terhadap SARA. Karena itu dapat menciptakan ketidak harmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Kita semua merupakan masyarakat Jambi yang terdiri dari berbagai etnis. Jiwa Nasionalis harus dijunjung tinggi,”katanya.

Pengamatan BATAKPOS menunjukkan, budaya etnis Batak, Jawa, Tionghoa dan Melayu tampil pada acara deklarasi pasangan tersebut. Hadirnya budaya Reok Ponorogo, Tarian Tortor dan Lagu Batak, serta Barongsai merupakan wujud keragaman budaya Indonesia.Deklarasi itu dihadiri sekitar 5 ribu massa etnis Batak, Jawa, Tionhoa dan Melayu Jambi.

Cagub Dr Ir H Safrial M Siregar lahir di Merlung, Tanjung Jabung Barat 22 Nopember 1958. Kini menjabat sebagai Bupati Tanjabar. Istrinya bernama Hj Cici Halimah yang kini duduk sebagai Anggota DPRD Tanjabar. Safrial M Siregar anak dari pasangan (Alm) H Khairudin Siregar dengan (Alm) Suryah.

Cawagub Drs Agus Setyanegoro lahir di Klaten 4 Agustus 1967 dari pasangan (Alm) Wusono Joko Suwarno dengan (Almh) Siti Masitoh. Kini kerja sebagai Dosen FKIP Universitas Jambi. Istrinya bernama Lelia Budiati SH MH (PNS Inspektorat Provinsi Jambi). ruk

Wawancara : Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin saat diwawancarai wartawan disela-sela acara deklarasi pasangan Safrial M Siregar-Agus Setyonogoro di Gedung Olah Seni (GOS) Kotabaru Jambi, Rabu (24/3). Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Pasangan : Pasangan Cagub jambi H Safrial M Siregar (kiri) dengan Agus Setyonogoro didampingi istri saat pamitan kepada pendukungnya usai deklarasi di Gedung Olah Seni (GOS) Kotabaru Jambi, Rabu (24/3). Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Tidak ada komentar: