Minggu, 31 Januari 2010

KPU Pusat Minta Pemprov Jambi Tambah Dana Pilgub

Jambi, Batak Pos

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk menambah dana pemilihan pasangan Gubernur Jambi Periode 2010-2015. Pemprov Jambi telah menetapkan dana Pilgub Jambi tersebut sebesar Rp 49,9 miliar.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi antara KPU Pusat, Departemen Dalam Negeri (depdagri) dengan KPUD Provinsi Jambi dan Pemprov Jambi yang berlangsung di Kantor Gubernur Jambi, Selasa (19/1).

Menurut Anggota KPU Pusat, I Gede Putu Artha, dirinya meminta ketegasan Pemprov Jambi mengenai minimnya dana Pilgub Jambi sebesar Rp 49,9 miliar untuk dua putaran.

“Dana yang sudah disepakati KPUD Provinsi Jambi dan Pemprov Jambi itu masih bisa diperbaiki. Soal anggaran ini harus ada ketegasan. Harus rampung sebelum pilgub dilaksanakan. Jangan nanti setelah gubernur terpilih dilantik timbul masalah," kata Putu.

KPU Pusat khawatir dengan dua putaran pilgub tidak berlangsung sukses dan masyarakat Jambi akan menuntut KPUD Provinsi Jambi selaku penyelenggara. Putu menilai rasionalisasi anggaran yang dilakukan DPRD Provinsi Jambi tidak sesuai dengan kebutuhan KPUD Provinsi Jambi.

Disebutkan, dana untuk pengamanan Pilgub Jambi tidak dianggarkan. Hal itu mengkhawatirkan KPUD Provinsi Jambi yang hanya sebagai event organizer (EO) dalam pemilu.

Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Ir H Ahmad Fauzi MTP, menyatakan, KPU Pusat tidak perlu khawatir terhadap soal dana Pilgub di Jambi. Semuanya sudah dibicarakan oleh KPUD Provinsi Jambi, Pemprov Jambi dan DPRD Provinsi Jambi.

“KPU Pusat juga jangan membandingkan Pilgub di Jambi dengan daerah lain, seperti Kalimantan Selatan, yang menghabiskan dana hampir Rp 100 miliar. Jangan bandingkan Jambi dengan provinsi lain. Kami sudah melakukan survey ke Kalimantan Selatan," tegas Fauzi.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Provinsi Jambi, Drs AM Firdaus M.Si menegaskan agar rapat tidak lagi membicarakan masalah dana yang sudah disepekati beberapa waktu lalu. “Yang perlu dibahas sekarang adalah tekhnis pelaksanaan Pilgub Jambi,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: