Selasa, 03 November 2009

Jambi Jual Wisata Kuliner

Jambi, Batak Pos

Berbagai macam kuliner (masakan khas nusantara) Provinsi Jambi mulai diminati masyarakat pendatang. Berbagai khas kuliner Jambi kini sudah berani tampil di tingkat Nasional setara dengan kuliner daerah lain.

Demikian dikatakan Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Ny Ratu Munawwaroh Zulkifli, Senin (2/11) di Jambi. Menurut dia, masakan Jambi beragam dan tentunya rasanya juga sangat lezat.

“Kelejatan kuliner Provinsi Jambi sudah dibuktikan Ny Oke Hatta Radjasa usai membuka acara yang bertajuk “Jambi Food Festival “ atau Festival Makanan Khas Daerah Jambi ini diselenggarakan di Restoran Kembang Goela Jalan Jenderal Sudirman Kav-42-43 Central Plaza Jakarta baru-baru ini,”katanya.

Disebutkan, jenis makanan dan minuman yang disajikan 11 kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi itu Kerang Bumbu, Sayur Asam Keladi dan Sambal Petis.

Kemudian menu dari Kabupaten Batanghari menampilkan Gangan Rejang Umbut Rotan, Pecah Patin/Putri Berendam dan Udang Betara, Kabupaten Tanjab Barat menampilkan Ikan Cabut Tulang, Rujak Kelapa dan Sirup Buah Pedada.

Selanjutnya, Kota Jambi menampilkan Tepek Ikan, Brengkes Tempoyak, Kue Bawang Putih, Kue Pedamaran dan Nasi Minyak. Dari Kabupaten Kerinci menampilkan Dendeng Batokok, Telor Ikan Se Kuning, Nasi Bakar, Sambal Giling Ikan dan Sambal Giling Ikan Semah.

Disebutkan, kuliner dari Kabupaten Muarojambi menampilkan Gangan Belut, Ikat Senggung, Sambal Asam dan Sambal Kweni. Kemudian dari Kabupaten Bungo menampilkan Gulai Terjun Suka Menanti dan Dendeng Ragi Belut.

Dari Kabupaten Sarolangun menampilkan Sayur Lodeh Tebu Telok Daun Blora dan Sambal Pirik, Kabupaten Tebo menampilkan Masak Item Simabu dan Sambal Temu Pauh, Kota Sungai Penuh Kerinci menampilkan Rendang Pensi, Gulai Cendawan dan Sambal Bumbu Penyelang, Kabupaten Merangin menampilkan Gulai Terjun Ayam Dusun, Gulai Belut Pucuk Paku, Sirup Rumput Teki dan Bubua Jejehing.

Menurut Ratu Munawaroh, tujuan “Jambi Food Festival” guna melestarikan masakan Jambi dan mempromosikan masakan Jambi untuk lebih dikenal di Indonesia pada umumnya maupun ke Mancanegara. Selain itu juga menggali potensi kuliner Jambi serta meningkatkan pendapatan masyarakat. ruk

Tidak ada komentar: