Kamis, 20 Agustus 2009

Jelang Pilgub Jambi, Organisasi Massa Etnis Bermunculan

Jambi, Batak Pos

Organisasi massa dari sejumlah etnis kini banyak bermunculan di Jambi jelang suksesi Pemilihan Gubernur Jambi Periode 2010-2015, Agustus 2010 mendatang. Organisasi etnis kini banyak muncul seperti etnis Batak dan Jawa. Organisasi massa etnis Batak setidaknya muncul dua yakni Forum Musyawarah Batak Jambi dan Parna Provinsi Jambi.

Kemudian organisasi yang lebih awal berdiri sejak suksesi Pilgub 2005 lalu yakni Lembaga Budaya Batak Jambi. Pengurus LBBJ ini dihuni mayoritas pejabat etnis Batak yang duduk di birokrasi pemerintahan. LBBJ sejak awal mendukung Zulkifli Nurdin dan telah memberi Gubernur Jambi itu gelar Jaiutan Mangaraja serta menyematkan Ulos Sibulang-Bulangi.

Kemudian pada etnis Jawa, kini ada Wisnu Murti. Sebelumnya ketua Wisnu Murti dijabat dr Bambang Priyanto yang kini duduk sebagai Walikota Jambi. Namun pekan lalu, ketua Wisnu Murti ini dijabat oleh Nino Guritno yang juga menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi.

Nino Guritno juga digadang-gadang akan ikut mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur berpasangan dengan Hazrin Nurdin, yang juga adik kandung Zulkifli Nurdin.

Sementara sejumlah nama yang muncul ke publik bakal kandidat calon Gubernur Jambi yakni Bupati Sarolangun Hasan Basri Agus, Bupati Tebo Madjiz Mu'az. Dua nama itu kini tengah gencar melakukan sosialisasi keberbagai daerah di Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: