Kamis, 20 Agustus 2009

Hujan Padamkan Titik Api di Jambi

Jambi, Batak Pos

Hujan yang mengguyur merata di Provinsi Jambi Minggu (9/8) berhasil memadamkan titik api di Jambi. Sabtu lalu setidaknya terdapat 12 titih panas (hot spot) di Provinsi Jambi. Namun hingga Senin (10/8) titik api terpantau tidak ada (0).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Budidaya, Senin (10/8) mengatakan, pada tanggal 8 Agustus di Provinsi Jambi terdapat 12 titik api yakni tersebar di Kabupaten Bungo 3 titik, Muaro Jambi 1 titik, Sarolangun 4 titik, Tanjung Jabung Barat 1 titik, Tanjung jabung Timur dan Kabupaten Tebo masing-masing 2 titik.

Sementara Senin (10/8) data hotspot menunjukkan di Jambi tidak terdapat titik api (0), sedangkan di Riau 110 titik, Sumsel 57 titik , Sumut 11 titik, Lampung 5 titik dan Sumbar 3 titik.

“Hilangnya titik api itu karena ada hujan di Jambi Minggu (9/10) yang lumayan lama dan merata di Provinsi Jambi. Gubernur Jambi minta tindak tegas masyarakat maupun perusahaan perkebunan yang sengaja membersihkan lahan dengan cara membakar, karena hal tersebut sudah melanggar Undang-undang tentang perkebunan,”katanya.

Disebutkan, guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Provinsi Jambi mendapat kehormatan dari Pemerintah Negara Singapura, yang telah menerima bantuan Peralatan Pemantau Udara dan Peralatan Pemantau Cuaca dari Negara Singapura, bantuan diserah terimakan melalui Menteri Lingkungan Hidup RI, bertampat di Halaman Kantor Bappeda Kabupaten Muro Jambi (Bukit Cinto Kenang). ruk

Tidak ada komentar: